4.6( 8864)

Hati-hati Minum Minuman Berkaleng | Heboh Beredar Di Facebook


Minuman Kaleng berbahaya menyebabkan kematian ?, Tadi di Facebook admin Terlambat menemukan sebuah gambar yang di share oleh beberapa teman facebook.

Karena penasaran dengan banyaknya teman yang share foto itu , aku jadi penasaran dan membukanya. Ternyata ada kabar mengejutkan di balik foto minuman kaleng tersebut. Kabar mengenai minuman kaleng yang berbahaya karena tidak higienis terinfeksi urin tikus yang sudah mengering di atas kemasan kaleng minuman tersebut. Sadisnya lagi hal tersebut sampai menyebabkan kematian.

Mengenai kebenaran atau tidaknya kabar tersebut aku sendiri belum mengetahui karena kabar tersebut menyebar lewat sosial media Facebook. Namun hingga saat ini (20 Juni 2012) kabar tersebut yang menyebar melalui salah satu akun facebook sudah di share oleh 4.163 pengguna facebook dan mendapat like sebanyak 1.741 itu artinya kabar tersebut sudah menyebar luas.

Dengan adanya kabar tersebut terlepas dari hoax atau benarnya , hendaklah kita sobat terlambat semua lebih waspada dalam mengkonsumsi minuman berkaling, kalengnya bisa dibersihkan dahulu karena rata-rata warung yang jualan minuman menaruh miniman kaleng dalam box yang tidak terjaga bisa saja tikus atau kotoran lain nempel di kaleng tersebut.

Berikut ini kabar yang lumayan heboh Minuman Berkaleng Berbahaya yang beredar di Facebook 

minuman kaleng berbahaya facebook
Berita Minuman Berkaleng Berbahaya yang beredar di Facebook 



Pada Hari Minggu Satu Keluarga bertamasya dengan membawa beberapa kaleng minuman.Pada hari Senin, dua anggota keluarga dibawa ke rumah sakit dan ditempatkan di Ruang Intensive Care Unit.
Dia meninggal pada hari Rabu. Hasil autopsi menyimpulkan ia terkena Leptospirosis. Hal ini terlacak pada kaleng minuman yang diminumnya, tanpa menggunakan gelas. Hasil tes menunjukkan kaleng tersebut telah terinfeksi urin tikus yang sudah mengering yg mengandung leptospira.
Sangat dianjurkan agar membilas secara merata bagian atas semua kaleng minuman sebelum meminumnya. Kaleng biasanya disimpan di dalam gudang dan langsung diantarkan ke toko-toko tanpa dibersihkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bagian atas semua kaleng minuman lebih terkontaminasi dibandingkan toilet umum (penuh kuman dan bakteri.)
Jadi, bersihkan dengan air sebelum memasukkannya ke mulut untuk menghindari segala jenis kecelakaan fatal. 

Info Seputar Leptospirosis


Salah satu penyakit yang seringkali merebak di musim seperti ini adalahLeptospirosis, yang diakibatkan oleh bakteri Leptospira Sp. Secara singkat,Leptospirosis adalah suatu penyakit zoonosis (yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya) , merupakan water borne disesase (ditularkan melalui air) yaitu urin dari penderita. Di Negara kita, Leptospirosis paling sering terjadi melalui tikus pada saat banjir, karena pada saat banjir banyak air tergenang, sampah-sampah yang terbawa arus dan tanah yang becek yang menyebabkan bakteri Leptospiraberkembang biak dengan mudahnya.

Gejala awal yang umum terjadi pada manusia yang terinfeksi Leptospira adalah demam, nyeri otot, muntah dan mata merah. Dan beberapa gejala mirip selesma, sehingga menyulitkan diagnosa. Namun dalam kasus yang tidak tertangani Leptospirosis dapat melanjut menjadi parah yaitu syndrome weill ditandai jaundis, disfungsi ginjal, nekrosis hati, disfungsi paru-paru. Kondisi ini terjadi pada akhir fase awal dan meningkat pada fase kedua, tetapi bisa memburuk setiap waktu . Penderita dengan jaundis berat lebih mudah terkena gagal ginjal, perdarahan dan kolap kardiovaskular. Kasus berat dengan gangguan hati dan ginjal mengakibatkan kematian sebesar 20-40 persen yang akan meningkat pada lanjut usia (sumber Wikipedia)

Cara penyebaran Leptospira adalah lewat luka atau lecet pada kulit dan kadang lewat mukosa (mulut, hidung dan mata). Sebenarnya banyak mamalia yang bisa terjangkitLeptospirosis, namun yang paling sering adalah tikus. Seringkali binatang yang terkena infeksi bakteri ini kadang tidak menampakkan gejala klinis alias terlihat baik-baik saja. Selain cemaran urin, makan makanan atau minum air yang tercemar juga menjadi penyebab penyakit.
Jadi agar kawan-kawan terhindar dari ancaman Leptospirosis, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan yaitu :
  • Memakai sepatu bila hendak keluar rumah, terutama di daerah yang becek atau tergenang air.

  • Bagi yang hobi berkebun, selalu gunakan sarung tangan dan sepatu boot

  • Sebisa mungkin hindari berenang di dalam air yang mungkin telah tercemar urin binatang.

  • Jika mempunyai luka atau lecet dikulit, balutlah dengann perban kedap air terutama sebelum melakukan kegiatan yang kemungkinan kontak dengan tanah, lumpur, air yang tercemar urin binatang.

  • Selalu cuci tangan dengan sabun sampai bersih ketika hendak makan.

  • Bersihkanlah selalu sampah dan juga barang-barang tidak terpakai yang ada di sekitar tempat tinggal kita, karena tikus senang nongkrong di tempat seperti itu.


Referensi : Akun Faceook dengan nama Bang Is, kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/01/11/waspada-tikus-di-musim-hujan-cegah-leptospirosis/

Description: Minuman Kaleng Berbahaya Kena Urin Tikus Menyebabkan Kematian Rating: 4.5

10 comments:

  1. wedew... ngeriii.... untung jarang beli minuman kaleng.. ahihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gih,,,

      lun jarang jua nah,, mklum rancak minuman bungkus plestek ^_^

      Hapus
  2. alhamdulillah lun minum aqua haja kd minum kaleng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,, Lun minum banyu bamati :)

      Hapus
  3. wahhhh... semoga kejadian yang serupa tidak sampai terulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. mudahan semua terhindar dari musibah

      Hapus
  4. wah.. jd sadar skrg klo kalengnya blm tentu bersih.. sip..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba/mas :)


      aku juga baru nyadar, biasanya di kaleng ada debu2 gitu ^_^

      Hapus
  5. wah, kudu hati-hati beli minuman kaleng...
    mantep informasinya kang ayead... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob,, hati2 sekarang ^_^


      makasih sob dah mampir ke blogku

      Hapus