4.6( 8864)

Cara Menghitung Zakat Fitrah Dengan Uang Wilayah Banjarmasin

PENETAPAN NILAI ZAKAT FITRAH DENGAN UANG WILAYAH KOTA BANJARMASIN - Sebentar lagi lebaran Idul Fitri 1433 H. Setiap mendekati lebaran identik dengan bayar zakat fitrah walaupun sebenaarnya zakat fitrah bisa dibayarkan sejak awal ramadhan asal sebelum hari raya, Bukan berarti harus tepat sehari sebelum hari raya.

Sekarang ini banyak juga orang lebih memilih membayar zakat fitrah dengan uang tunai ketimbang dengan beras. Bayar zakat menggunakan duit ketimbang beras dinilai lebih praktis dan juga uangnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, karena biasanya orang yang kita beri zakat sudah banyak memiliki beras.

Nah berikut ini ada info dari Kemenag mengenai bagaimana perhitungan jika beras diganti dengan uang (Zakat Fitrah Dengan Uang), jadi sobat Terlambat, khususnya yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan tidak bingung lagi dalam menghitung jumlah uang yang seharusnya dizakat fitrahkan sebagai pengganti harga beras.

Beras yang digunakan dalam perhitungan inipun merupakan jenis beras yang memang biasa di konsumsi warga Banjarmasin saat ini.


Senin, 6 Agustus 2012. Kementerian Agama Kota Banjarmasin,adakan Musyawarah Penetapan Nilai Zakat Fitrah Tahun 2012 M/ 1433 H. Yang hadir pada acara tersebut terdiri dari Unsur Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin,Perwakilan KUA Kecamatan, Perwakilan MUI Kota Banjarmasin, perwakilan Pengurus Masjid, Perwakilan Penyuluh Agama Islam, yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh kasubag TU Drs.H.Najwan Noor M.Pd.
Kemeneg Kalsel Musyawarah Perhitungan Zakat Fitrah Dengan Uang
Kemeneg Banjarmasin

Berdasarkan hasil rapat/musyawarah yang dipimpin oleh Kasubbag TU tersebut bersama instansi dan organisasi terkait, telah dirumuskan bahwa :
Telah ditetapkan keputusan bersama bahwa harga nilai zakat fitrah beras yang dibayarkan dengan uang sebagai berikut :

Perhitungan Harga Beras / Uang Yang Dibayar Untuk Zakat Fitrah 2012


1. Beras Rojolele Nilai Uang = Rp. 45.500,-
2. Beras Unus Banjar/Mutiara/Mayang/ Nilai Uang = Rp.30.000
3. Beras Jawa, Duyung, Unus Rantau Nilai Uang = Rp. 37.000,-
4. Beras Siam Kupang Nilai Uang = Rp. 27.000,-
5. Beras IR Nilai Uang = Rp.25.000,-
Catatan:Bagi yang mengkonsumsi beras khusus ditaksir sendiri sesuai dengan harga beras yang berlaku dengan standar 2,5 beras perorang (Abde), Harga diatas merupakan harga beras saat ini (2012)

Info Didapat dari Kementrian Agama RI Kalsel


Description: Zakat Fitrah Dengan Uang Rating: 4.5 Salam Terlambat

2 comments:

  1. umpt komen nah........yg dgambar to yg awk nya b'isi dkit dri yg lain mntan KEPSEK MAN 3 Banjarmasin...KEPSEK q to......

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat..., makasih infonya

    BalasHapus