4.6( 8864)

Foto dan Kronologi Kecelakaan Kereta Prameks 23 Oktober 2012

Kereta Prameks Anjlok di Kalasan - Selasa kemarin kereta api Prambanan Ekspress (Prameks) anjlok di  Dusun Krajan, Tirtomartani, Kalasan sekitar pukul 16.40 (23/10). Tepatnya di rel KM 155 + 0/1 petak jalan antara Stasiun Prambanan dan Stasiun Maguwo. Dua gerbong terdepan terguling dan ke tiga lepas dari rel.


Inilah foto kecelakaan kereta api Prambanan Ekspress (Prameks) anjlok di  Dusun Krajan, 
Kecelakaan Kereta Api Prameks

Korban Prameks
Tak ada korban meninggal dalam kecelakaan prameks ini. Sedikitnya 38 penumpang luka-luka. Satu diantaranya luka berat, sisanya ringan. Termasuk Masinis Wulia Taufik, warga Sanden, Sewon, Bantul. Sebagian besar luka benturan dan lecet-lecet. Puluhan mobil ambulance dikerahkan mengevakuasi para korban. Khususnya para manula. Korbandirujuk ke Rumah Sakit Panti Rini dan Rumah Sakit Bhayangkara.

Kronologi Kecelakaan Kereta Prameks

Itok, salah seorang penumpang di gerbong 3 mengatakan gerbong kereta mulai terangkat ke atas sekitar 5 kilometer sebelum terguling. Dan sempat kembali ke posisi semula. "Ternyata kepala gerbong terpelanting ke kanan dan menghantam pohon sebelum berhenti," paparnya.

Kereta berangkat terlambat sejak di Stasiun Balapan Solo. Menurut dia, pukul 15.10 sudah berangkat ke Stasiun Jebres, tapi saat itu kereta baru tiba. "Telat sekitar 30 menit," lanjutnya.

YOGYAKARTA, 23/10 - KA PRAMEKS ANJLOK. Sejumlah petugas melakukan evakuasi KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang anjlok di Desa Krajan, Kalasan, Tirtomartani, Sleman, Yogyakarta, Selasa (23/10) malam. Penyebab anjloknya tigagerbong KA Prameks jurusan Yogyakarta pada Selasa (23/10) sore tersebut masih dalam penyelidikan.

Suwarman, penumpang lain merasa sebelum anjlok gerbong menabrak sesuatu yang diduga pengendara sepeda motor.

Anjloknya gerbong Prameks mengakibatkan jalur kereta jurusan Jogjakarta-Solo dan sebaliknya terputus. Hingga pukul 21.00 gerbong kereta belum bisa dievakuasi. Setidaknya jalur tersebut tak bisa dilalui kereta hingga tengah malam. Jadwal sejumlah pemberangkatan kereta api terhambat. Diantaranya Senja Utama Solo tujuan Pasar Senen, Jakarta dan Lodaya Malam tujuan Bandung.

Hingga berita ini diturunkan, penyebab kecelakaan belum diketahui. Kapolda DIJ Brigjen Pol Sabar Rahardjo menurunkan anggotanya untuk menyelidiki anjloknya gerbong Prameks. "Kami sedang cari fakta di lapangan," ungkapnya saat meninjau lokasi kecelakaan. Hasil penyelidikan akan dikolaborasikan dengan temuan tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Penyebab Anjlok Kereta
Lokasi bangkai gerbong kereta menjadi perhatian masyarakat setempat. Ratusan berjubel mendekati gerbong. Mereka nekat melintasi garis batas polisi hanya untuk berfoto dekat gerbong atau sekedar melihat-lihat. Peringatan aparat tak diindahkan oleh warga yang makin bertambah jumlahnya seiring pelaksanaan evakuasi korban.

Berita Terbaru
Dan Untuk Sementara Kereta Prameks Berhenti Beroperasi

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, pihaknya menghentikan operasional Prameks karena minimnya rangkaian kereta yang bisa beroperasi. Saat ini, menurut Eko, PT KAI hanya memiliki tiga rangkaian untuk KA Prameks. Dari ketiganya, hanya satu yang layak beroperasi.

"Satu rangkaian dalam kondisi rusak dan dalam proses perbaikan. Lalu, satu rangkaian lagi rusak karena terguling kemarin di Kalasan. Jadi hanya tersisa satu rangkaian dan tidak mungkin untuk dijalankan karena pasti tidak akan maksimal melayani penumpang. Oleh karena itu, untuk sementara, kami memutuskan tidak mengoperasikan KA Prameks," katanya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/10/2012).

Sementara itu, Eko mengatakan belum pasti apakah akan menghentikan secara total KA Prameks karena masih harus menunggu keputusan dari kantor pusat. "Saya tidak bisa memastikan apakah akan dihentikan total atau tidak. Kita tunggu hasil evaluasi internal PT KAI," katanya.

Eko mengatakan, proses perbaikan KA Prameks yang terguling di Kalasan, Sleman, Selasa kemarin, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kerusakan badan keretanya cukup parah hingga mencapai lebih dari 50 persen.

Keberadaan Kereta Api Prambanan Ekspres menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari dinamika dua kota, Yogyakarta dan Solo. Ternyata kereta Prameks sudah ada sejak tahun 1960-an hingga akhir 1970-an.

Saat itu kereta "komuter" tersebut dinamai kereta Kuda Putih karena ada logo bergambar kuda putih di atas jendela masinis. "Kuda Putih" merupakan kereta rel diesel komuter pertama di Indonesia. Dengan berjalannya waktu, "Kuda Putih" berhenti beroperasi pada tahun 1980-an.

Lalu, pada 20 Mei 1994, PT KAI mengoperasikan lagi kereta Prameks dengan menggunakan empat gerbong KA Senja Utama Solo dan hanya melayani dua kali pemberangkatan pulang-pergi dalam sehari. Saat itu, PT KAI memasang harga tiket Rp 2.000.

Tahun 2006, PT KAI mengganti kereta Prameks dengan jenis kereta rel diesel elektrik (KRDE). Kereta jenis ini anjlok Selasa (23/10/2012) di Kalasan, Sleman.

Semoga tidak ada lagi kecelekaan alat transportasi di Indonesia.


Referensi : Kompas.com
Description: Kereta Prameks
Rating: 4.5 Salam Terlambat

0 comments:

Posting Komentar