4.6( 8864)

Iklan TKI Obral Di Malaysia

TKI On Sale  Tenaga Kerja Indonesia Di Diskon di Malaysia - Pagi tadi saat Admin terlambat.info nonton TV acara di Televisi dipenuhi dengan berita heboh selebaran iklan "TKI ON SALE" yang bisa menganggu hubungan negara Indonesia dan malaysia.

Sale yang biasanya identik dengan pakaian ternyata ada oknum di Malaysia menggunakannya sebagai bahan promosi untuk Manusia. Begitu murahnya harga diri warga negara Indonesia yang jadi TKI sehingga dijual belikan. TKI ON sale, Hal tersebut juga bisa saja dianggap sebagai pelecehan Negara Indonesia.

Tki On Sale
klan TKI ''On Sale'' di Malaysia. dok. Anis Hidayah di TwitPic

Dalam iklan tertera Indonesian Maids Now On SALE!!!
Tertulis pekerja Indonesia dijual belikan seharga RM7.500 (ringgit malaysia) dan apabila dirupiahkan sekitar RP.23 jutaan lebih.

Setelah di kroscek ternyata penyebar Iklan TKI ON Sale banyak sekali kejanggalan. Seperti nomor telpon yang tulalit (tidak bisa dihubungi) serta tempat yang tertera tidak sesuai karena ternyata justru merupakan tempat potong rambut.

Seperti info berita terbaru mengenai TKI ON SALE yang terlambat dapatkan dari Detik dan Tempo

TKI ON Sale Melecehkan Bangsa Indonesia


Banyak kejanggalan dari sejumlah informasi yang tertera dalam iklan 'TKI on Sale' di Malaysia. Jikalau kasus ini ternyata penipuan, iklan itu sudah sangat melecehkan Indonesia.

"Kita juga harus protes konten iklan itu. Sangat melecehkan pemerintah Indonesia. Memangnya warga kita didiskon?" ujar aktivis Migrant Care, Anis Hidayah, saat dihubungi, Selasa (30/10/2012).

Anis emoh menyetujui persoalan ini sebagai kasus penipuan. Ia berharap pemerintah bisa mendesak Malaysia mengusut masalah ini.

Ia sendiri sebenarnya juga sudah pernah menghubungi nomor kontak yang tertera dalam iklan itu. Bahkan mereka sempat janjian untuk bertemu di sebuah supermarket, namun tidak jadi karena Anis kembali ke Indonesia.

"Saya mengaku sebagai calon dan hanya ditanya soal umur. Janjian ketemu di supermarket jam 10. Kita ingin ngetes iklan itu," jelas Anis yang mengaku mendapat informasi jika iklan itu juga ditampilkan dalam koran Malaysia.

Dari foto yang diambil Migrant Care dari jalanan Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia, iklan 'TKI on Sale' itu menawarkan jasa pembantu dari Indonesia. Bahkan tarifnya diskon 40 persen.

"Indonesian maids now on Sale. Fast and Easy application. Now your housework and cooking come easy. You can rest and relax. Deposit only RM 3,500 price RM 7,500 nett" tulis iklan tersebut.

Iklan itu tersebar di jalanan kawasan Chow Kit, daerah yang banyak menggunakan jasa TKI di Kuala Lumpur. Iklan disebar dengan cara pembagian kepada individu atau ditempel di sejumlah lokasi.


Nomor Telpon Iklan TKI ON Sale Tidak Bisa Dihubungi

Dua nomor telepon itu mendadak tulalit sepanjang hari, Senin, 29 Oktober 2012. Nomor telepon ketiga ada yang mengangkat, tapi orang yang mengangkatnya pun "tulalit".

"Banyak orang menelepon tanya tentang pembantu," kata pria beraksen Malaysia-India di seberang telepon. "Saya tak tahu apa-apa karena saya bukan agen pembantu.” Dia mengaku terganggu oleh telepon tersebut. "Saya masih punya pekerjaan," katanya sembari menutup telepon.

Itulah sepenggal penelusuran Tempo terhadap selebaran iklan "Indonesian Maids Now on Sale" di Malaysia. Iklan beredar di antaranya di kawasan Chowkit Road, Kuala Lumpur.

Pada selebaran yang disertai tiga nomor telepon dan alamat agen itu disebutkan bahwa harga TKI 7.500 ringgit Malaysia atau diskon 40 persen dari tarif semula. Jika tertarik, peminat bisa menyetor deposit 3.500 RM.

"Sekitar sebulan lalu, brosur ini memang saya lihat tertempel di daerah Chowkit," kata seorang warga Indonesia yang bekerja di sebuah restoran, tapi menolak namanya dikutip. Kini, menurut dia, selebaran itu sudah raib.

Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, juga mengaku melihat iklan itu ketika berada di Malaysia pada akhir pekan lalu. Saat itu juga dia menghubungi nomor telepon yang ada di iklan tersebut dan ia memang ditawari jasa TKI. “Pihak agen sangat aktif. Mestinya kami bertemu pagi ini," kata dia kemarin.

Tempo juga mendatangi alamat agen penyalur yang ada di iklan itu, yang bernama Smart Labour Service Sdn. Bhd. Mengaku berkantor di Jalan Rengas Nomor 70, Southern Park, Klang, kantor itu ternyata kedai potong rambut Southern Guy''s. "Tak ada agen pembantu rumah di sini," kata pegawai kedai.

Pemerintah Malaysia mengecam iklan tersebut dan mempersilakan masalah ini dibahas Joint Task Force yang dibentuk untuk menangani semua masalah yang muncul terkait TKI. "Iklan seolah-olah menggambarkan pembantu rumah tangga asal Indonesia bisa diperjualbelikan seperti barang dagangan," demikian bunyi pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Malaysia. 

Nilai Tukar Ringgit Malaysia Ke Rupiah

1 rm = Rp. 3.152
Jadinya
7500 Rm = RP. 23.640.000
Namun negara kita lebih besar daripada masalah ini. Jadi semoga tidak terpancing membuat sesuatu yang salah.


Semoga masalah "Iklan TKI ON Sale" yang melecehkan Negara Indonesia ini bisa selesai dengan baik dan tidak terulang lagi dikemudian hari. Jangan sampe Karena olah beberapa oknum hubungan antara INDONESIA dan malaysia memanas lagi. Karena sebelumnya sudah sering panas-panasan.



Description: Iklan TKI ON Sale di Malaysia
Rating: 4.5 Salam Terlambat

0 comments:

Posting Komentar