4.6( 8864)

Latar Belakang Perang Padri

Perang Padri - Sobat Terlambat pernah dengar perang padri tahun 1803 di Sumatera barat? Mungkin akan banyak yang belum tahu atau lupa. Akan tetapi untuk sobat yang sedang sekolah mungkin akan menemui pelajaran ini pada kelas 1 Sma / SMK. Berikut ini terlambat.info share artikel mengenai sebab atau latar belakang terjadinya perang padri yang terlambat dapatkan dari Wikipedia.
Perang Padri Sumarera Barat
Ilustrasi Gambar Perang Padri




Pengertian / apa itu perang padri 1803 1838
Perang Padri adalah peperangan yang berlangsung di Sumatera Barat dan sekitarnya terutama di kawasan Kerajaan Pagaruyung dari tahun 1803 hingga 1838. Perang ini merupakan peperangan yang pada awalnya akibat pertentangan dalam masalah agama sebelum berubah menjadi peperangan melawan penjajahan.

Latar Belakang Perang Padri


Perang Padri dilatarbelakangi oleh kepulangan tiga orang Haji dari Mekkah sekitar tahun 1803, yaitu Haji Miskin, Haji Sumanik dan Haji Piobang yang ingin memperbaiki syariat Islam yang belum sempurna dijalankan oleh masyarakat Minangkabau.Mengetahui hal tersebut, Tuanku Nan Renceh sangat tertarik lalu ikut mendukung keinginan ketiga orang Haji tersebut bersama dengan ulama lain di Minangkabau yang tergabung dalam Harimau Nan Salapan.

Harimau Nan Salapan kemudian meminta Tuanku Lintau untuk mengajak Yang Dipertuan Pagaruyung Sultan Arifin Muningsyah beserta Kaum Adat untuk meninggalkan beberapa kebiasaan yang bertentangan dengan ajaran agama Islam. Dalam beberapa perundingan tidak ada kata sepakat antara Kaum Padri dengan Kaum Adat. Seiring itu beberapa nagari dalam Kerajaan Pagaruyung bergejolak, puncaknya pada tahun 1815, Kaum Padri dibawah pimpinan Tuanku Pasaman menyerang Kerajaan Pagaruyung dan pecahlah peperangan di Koto Tangah. Serangan ini menyebabkan Sultan Arifin Muningsyah terpaksa menyingkir dan melarikan diri dari ibu kota kerajaan.

Dari catatan Raffles yang pernah mengunjungi Pagaruyung pada tahun 1818, menyebutkan bahwa ia hanya mendapati sisa-sisa Istana Kerajaan Pagaruyung yang sudah terbakar.

Semoga info mengenai Perang Padri bisa bermanfaat buat sobat terlambat. Syukur-syukur bisa bantu jawab soal tugas atau bikin makalahnya.

Referensi : Wikipedia

Description: Latar Belakang Perang Padri
Rating: 4.5 Salam Terlambat

0 comments:

Poskan Komentar