4.6( 8864)

Pemerintah Menetapkan Idul Adha Tanggal 26 Oktober 2012 (1433 Hijriah)

Idul Adha Hari Jum'at 26 Oktober 2012 - Tinggal menghitung hari saja kita semua   sudah akan menemui hari raya Haji atau yang biasa dikenal dengan hari raya Kurban. Sobat terlambat.info masih ada yang bertanya-tanya Hari Raya Idul Adha 2012 Tanggal Berapa ?
Beberapa waktu lalu pemerintah secara resmi sudah mengumumkan kapan hari raya haji  Idul Adha 2012.


Idul Adha 2012


Hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah 1433 Hijriah jatuh pada 17 Oktober 2012, sehingga Idul Adha jatuh pada hari Jumat 26 Oktober mendatang. 

Anggota Badan Hisab dan Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya mengatakan penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha tersebut diambil berdasarkan hasil pemantauan hilal pada Senin (15/10) petang. Hasil pantauan menunjukkan posisi hilal di seluruh wilayah di Indonesia berkisar antara -4,1 derajat hingga -2,4 derajat. ”Tanda minus tadi menunjukkan jika hilal saat dipantau kemarin masih di bawah ufuk, sehingga hasil pemantauan hilal tidak wujud,” ungkap Cecep pada Sidang Isbat Awal Zulhijah 1433 Hijriah di Jakarta kemarin. 

Menurut dia, berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan tadi malam pihaknya dapat melihat hilal, sehingga usia bulan Zulkaidah digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian, 1 Zulhijah jatuh pada 17 Oktober, sementara Idul Adha 26 Oktober 2012.Berdasarkan hasil penetapan tersebut, masyarakat Indonesia sudah diperbolehkan berpuasa sunah Arafah pada Kamis 25 Oktober, bertepatan dengan jamaah haji menjalankan ibadah wukuf di Padang Arafah. 

Sidang Isbat Idul Adha 2012


Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar mengatakan, penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha diambil berdasarkan hisab dan rukyat dari berbagai sumber yang dapat dipercaya. Bahkan,hasil pantauan yang dilakukan di 31 provinsi di Indonesia juga menyatakan tidak dapat melihat bulan. ”Jadi, penetapan ini diambil berdasarkan hisab dan rukyat dari sejumlah sumber yang bisa dipercaya. 

Bahkan, seluruh propinsi yang ada juga menyatakan tidak dapat atau belum melihat hilal,” kata Nasaruddin. Menurut dia, berdasarkan keputusan sidang istbat tersebut, umat Islam akan merayakan Idul Adha serempak. Karena itu,dia mengimbau kepada umat islam untuk mengikuti keputusan sidang yang melibatkan sejumlah ormas tersebut.

”Saya mengimbau kepada umat Islam untuk mengikuti keputusan sidang isbat yang telah menetapkan Idul Adha ini jatuh pada Jumat, 26 Oktober 2012,”ucapnya. Nasaruddin menjelaskan, perayaan Idul Adha tahun ini dipastikan berlangsung secara serentak,baik ormas Islam NU maupun Muhammadiyah. Dalam kesempatan itu, dia menekankan agar masyarakat selalu menjaga kerukunan dalam menyambut datangnya Idul Adha

Idul Adha Tahun Ini Semua Bersamaan


Pelaksanaan Iduladha tahun 2012 ini kemungkinan besar akan sama dan tidak ada perbedaan di antara ormas-ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah. Hal itu disebabkan ketinggian hilal akhir Zulkaidah pada Senin (15/10/12) masih di bawah ufuk sehingga bulan Zulkaidah digenapkan menjadi 30 hari (istikmal).

Hal itu dikatakan Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof. Dr. H. T. Djamaluddin, di Masjid Salman ITB, Senin (15/10). “Insya Allah tahun ini tidak ada perbedaan penetapan Hari Iduladha kecuali kalau ada keputusan yang berbeda dari pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Referensi : Koran Sindo , Pikiran Rakyat
Description: Idul Adha 2012 Tanggal 26 Oktober 2012 Rating: 4.5 Salam Terlambat

0 comments:

Posting Komentar