4.6( 8864)

Berbagai Penyebab Muncul Ketombe

Peyebab Ketombe - Setelah sebelumnya posting mengenai tips cara menghilangkan ketombe ada baiknya juga sobat mengetahui apa saja seh yang menyebabkan ketombe itu muncul.  Apabila sudah tahu penyebab awal mula munculnya ketombe jadi sobat juga bisa menghindarinya. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati ketombe kan.

Penyebab Ketombe


Berikut ini beberapa hal penyebab datangnya ketombe yang terlambat dapatkan dari berbagai sumber media online :

Penyebab Ketombe

Ketombe ialah kondisi pengelupasan berlebihan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe bukan merupakan organisme seperti kutu rambut, tetapi hanya kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Sel-sel kulit mati dan mengelupas adalah hal biasa dan normal. Namun pada sebagian orang hal ini menjadi berlebihan. Bila disertai kemerahan dan iritasi maka ketombe dapat merupakan gejala dermatitis seboroik atau psoriasis.

Ketombe juga dapat disebabkan oleh kondisi lain:

  • Kulit berminyak. Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.
  • Keringat. Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda berkeringat lebih banyak, yang juga bisa menyebabkan ketombe terutama jika Anda tidak berkeramas sesering yang seharusnya.
  • Jamur. Bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Karena jamur ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka ketombe juga tidak dapat dibasmi habis, hanya bisa dikontrol.
Faktor lainnya penyebab ketombe ialah  : cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai,  bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon.

0 comments:

Poskan Komentar