4.6( 8864)

Cara Membuka (enable) dan Mengunci (disable) Port USB dan Flashdisk


Cara Membuka Mengunci Port USB dan Flashdisk - Enable Disable USB Disk - Sobat terlambat pernah menemui sebuah laptop / komputer yang tidak berfungsi slot USB nya ketika sobat mencolokan Flashdisk atau Memori Hp ? Bisa jadi laptop tersebut sengaja atau tidak sengaja terkunci port usb (disable) sehingga segala jenis koneksi yang dicolokan tidak akan terbaca.

Berikut ini artikel mengenai cara mengunci dan cara membuka kembali port usb yang terlambat dapatkan.

Enable Port USB
Membuka USB port diperlukan apabila port usb pc/komputer terkunci sehingga menyebabkan media USB seperti flashdisk, memmory card, mp 3/mp 4 yang menggunakan konektor USB (Universal Serial Bus) tidak bisa terbuka/terbaca di komputer Windows XP. 


Disable Port USB

Sedangkan mengunci USB port atau me-nonaktifkan fungsi port usb diperlukan jika Anda tidak menginginkan orang lain bisa sembarangan memasukan flashdisk seenaknya saja.

Port USB Laptop/komputer

Mengunci atau mendisable fungsi USB port ini tidak mempengaruhi fungsi peripheral lainnya yang menggunakan port USB seperti keyboard, mouse, printer, scanner dll. Jadi, yang tidak akan terbaca oleh komputer hanyalah media transfer data seperti flashdisk, hardisk external, CD Rom external, Flash memory dan media transfer data lainnya yang menggunakan port USB.




Cara Mengunci Port USB - Disable Fungsi USB Port



  • Klik Start pada Start Menu desktop PC / Laptop
  • klik RUN - ketik regedit - klik OK/enter
  • Pada jendela Registry Editor yang terbuka, masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR Double klik "dword start" yang ada disebelah kanan, kemudian ganti Value Data yang semula 3 menjadi 4, kemudian "Ok". 
  • Tutup jendela registry editor, sekarang fungsi USB port/disk sudah disabled/terkunci, selanjutnya restart komputer dan silakan colokin flashdisk Anda apakah terbaca atau tidak.



Cara Membuka Port USB - Enable Fungsi USB Port

Sedangkan untuk membuka atau mengaktifkan kembali port usb yang ter disable menjadi normal caranya sama dengan diatas, sobat tinggal mengganti Value Data yang dirubah menjadi 4 menjadi 3 lagi. 


Description: Enable dan Desable Port USB
Rating: 4.5 Salam Terlambat

0 comments:

Poskan Komentar