4.6( 8864)

Hasil Pemilu Amerika 2012 | Obama Menang Jadi Presiden AS Lagi

Hasil Pemilu Amerika Serikat 2012 - 6 November 2012 lalu Amerika Serikat melakukan pemilihan presiden atau PILPRES Amerika untuk 4 tahun kedepan dengan dua calon kuat presiden yaitu Barack Obama (Partai Demokrat) dan Mitt Romney (Partai Republik) yang akirnya dimenangkan oleh OBAMA.

Walau pemilihan presiden AS sudah berakhir dan diketahui pemenangnya yaitu OBAMA berikut ini info seputar Pemilu AS 2012 yang mungkin menarik untuk sobat terlambat ketahui.

Pemenang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Amerika 2012

Obama Presiden Amerika Serikat (AS)
Foto Presiden Obama
 Kalau nama presiden AS aku yakin tentu sobat Terlambat pada tau semua kan sosok yang juga pernah tinggal di Indonesia OBAMA. Namun sobat tau gak siapa nama wakil presiden Amerika ? Nama beliau memang tak setenar sosok Barack Obama yang sering sekali menjadi pemberitaan dunia.

Nama wapres AS ialah Joe Biden
Foto Joe Biden Wakil Presiden Amerika
Foto Wakil Presiden Amerika Joe Biden




Info Terbaru Pemilihan Presiden AS 2012

Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2012 adalah pemilihan umum presiden yang diselenggarakan di Amerika Serikat pada hari Selasa, 6 November 2012. Pemilihan umum (pemilu) ini akan menjadi pemilihan umum presiden empat tahunan ke-57 di Amerika Serikat, dan secara resmi akan memilih presiden dan wakil presiden pada tanggal 17 Desember 2012. Presiden AS saat ini, Barack Obama, bersaing untuk yang kedua kalinya dalam pemilu ini.

Saingan utama Obama adalah mantan gubernur Massachusetts dari Partai Republik, Mitt Romney.Dua kandidat dari partai minor lainnya yang juga bertanding dalam pemilu ini adalah Gary Johnson, mantan gubernur New Mexico dari Partai Libertarian,dan Jill Stein dari Partai Hijau.[5] Saat pemilu berlangsung, sebagian besar media telah memprediksikan kemenangan Obama/Bidden.Pada pukul 1:00 (06:00 GMT) tanggal 7 November, Mitt Romney mengakui kemenangan Barack Obama setelah perhitungan suara di Alaska ditutup.

Sebagaimana yang diatur dalam Konstitusi Amerika Serikat, pemilihan umum presiden kali ini bertepatan dengan pemilihan umum Senat Amerika Serikat 2012, dengan sepertiga dari Senator akan mengikuti pemilu Senat untuk kedua kalinya. Pemilu ini juga bertepatan dengan pemilihan umum Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat yang diadakan setiap dua tahun sekali, untuk memilih anggota bagi Kongres ke-113. Sebelas pemilihan umum gubernur dan sejumlah pemilihan legislatif lainnya juga diselenggarakan pada waktu yang sama.


Seperti Apa Sistem Pemilu di Amerika ?


Tiga ratus juta penduduk, 50 negara bagian, dua kandidat dan lebih dari semilyar dolar anggaran kampanye. Bagaimana sistem pemilu Amerika bekerja?

Angka 270 merupakan kunci penting. Angka itu merupakan jumlah electoral college yang harus dimenangkan kedua kubu, Partai Demokrat dan Partai Republik, guna memimpin Gedung Putih.

Electoral college diciptakan sejak jaman awal pemerintahan Amerika, sebagai sistem pemungutan suara yang menyatukan beberapa negara bagian untuk memilih satu presiden yang mewakili mereka semua.

Setiap negara bagian, termasuk pusat administrasi Washington DC, memiliki beberapa angkat suara elektoral berdasarkan ukurannya. California adalah negara bagian terbesar di Amerika, mendapatkan 55 suara.

Wyoming yang juga luas secara geografis, hanya mendapatkan tiga suara karena jumlah penduduknya yang sedikit. Seluruh negara bagian, kecuali dua, menggunakan sistem pemenang menguasai segalanya.

Sistem itu berarti, jika memenangkan suara di satu negara bagian maka seluruh electoral college akan diambil si pemenang. Terdapat 583 suara electoral college dan kandidat harus mendapatkan mayoritas, 270 suara, untuk jadi presiden.

Sebab itulah tiap presiden biasanya memiliki tim kampanye yang sangat berdedikasi. Mereka menghabiskan berbulan-bulan dan jutaan dolar untuk mencari tahu kombinasi negara bagian yang dimenangkan untuk mencapai angka 270.

Hasil Pemilu Amerika 2012


Proyeksi negara bagian
Negara bagian Pemilihan
elektoral Pemenang proyeksi
(jaringan konsensus)
Alabama 9 Romney
Alaska 3 Romney
Arkansas 6 Romney
Arizona 11 Romney
California 55 Obama
Connecticut 7 Obama
Colorado 9 Obama
Delaware 3 Obama
Florida 29 tidak diputuskan
Georgia 16 Romney
Hawaii 4 Obama
Idaho 4 Romney
Illinois 20 Obama
Indiana 11 Romney
Iowa 6 Obama
Kansas 6 Romney
Kentucky 8 Romney
Louisiana 8 Romney
Maine 4 Obama
Maryland 10 Obama
Massachusetts 11 Obama
Michigan 16 Obama
Minnesota 10 Obama
Mississippi 6 Romney
Missouri 10 Romney
Montana 3 Romney
Nebraska 5 Romney
Nevada 6 Obama
New Hampshire 4 Obama
New Jersey 14 Obama
New Mexico 5 Obama
New York 29 Obama
North Carolina 15 Romney
North Dakota 3 Romney
Ohio 18 Obama
Oklahoma 7 Romney
Oregon 7 Obama
Pennsylvania 20 Obama
Rhode Island 4 Obama
South Carolina 9 Romney
South Dakota 3 Romney
Tennessee 11 Romney
Texas 38 Romney
Utah 6 Romney
Vermont 3 Obama
Virginia 13 Obama
Washington, D.C. 3 Obama
Washington 12 Obama
West Virginia 5 Romney
Wisconsin 10 Obama
Wyoming 3 Romney


Perayaan Hasil Pemilu AS 2012 : Obama Menang


Tak dapat diungkiri pemilu AS memang menjadi pusat perhatian dunia dan juga berpengaruh bagi NEGARA negara lain dibelah dunia ini terutama buat hasil kemenangan obama. Berikut ini beberapa perayaan hasil pemilu amerika dan ucapan selamat kepada obama dari berbagai negara termasuk dari Indonesia.

Pemilihan umum Amerika pada Selasa 6 november 2012 itu mendapat perhatian banyak negara. Beberapa kedutaan besar AS mengadakan pemilu bohong-bohongan dan mengadakan pesta setelah hasilnya muncul.

INDONESIA
Di SDN 01 Menteng, tempat Obama sempat bersekolah di Jakarta, para siswa berbaris membawa poster Obama dari satu kelas ke kelas lain setelah ada pengumuman bahwa ia telah mengalahkan kandidat Partai Republik Mitt Romney.

Berita kemenangan Obama tersebut juga membahagiakan mantan pengasuh Obama, Evie, yang dikenal tahun ini setelah ada berita mengenai penderitaannya hidup sebagai seorang transgender.

“Saya harap ia dapat berkontribusi untuk perbaikan tidak hanya warga Amerika, tapi juga warga dunia,” ujar Evie.

TIONGKOK
Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan Presiden Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiaobao telah menelepon Obama untuk memberi selamat. Wakil Presiden Xi Jinping, yang mulai mengambil alih minggu ini dalam transisi kepemimpinan Tiongkok yang berlangsung sekali dalam 10 tahun, menelepon Wakil Presiden Joe Biden untuk memberi selamat.

Di Tiongkok, pemilihan kembali Obama merupakan berita baik bagi mereka yang khawatir dengan pernyataan Romney bahwa ia akan melabeli Tiongkok sebagai manipulator mata uang. Beberapa khawatir ia akan meletuskan perang perdagangan antara dua negara.

INGGRIS
Perdana Menteri Inggris David Cameron menulis di Twitter: “Selamat kepada kawan saya @BarackObama. Saya menanti kerja sama kita selanjutnya.”

IRAN
Meski media Iran mengatakan bahwa negara tersebut tidak melihat ada perbedaan antara Obama dan Romney mengenai ketegangan terkait program nuklir Tehran, kantor berita Fars memberitakan: “Gajah Republik Digilas Keledai Demokrat.”

ISRAEL
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang memiliki hubungan tegang dengan presiden Amerika karena kebijakannya atas Iran dan konflik Israel-Palestina, memberikan ucapan selamat dalam pesan pendek pada wartawan: “Saya akan terus bekerja dengan Presiden Obama untuk mempertahankan kepentingan strategis warga Israel.”

PALESTINA
Sementara itu, pejabat senior Palestina Saeb Erekat mendesak presiden AS untuk mendukung keanggotaan negara itu di PBB, dengan mengatakan, “Kami akan terus mendorong isu ini di PBB bulan ini, dan kami harap Obama akan mendukung kami.”
JEPANG
Untuk warga kota Obama di Jepang, pemilihan kembali presiden AS itu merupakan kesempatan ulang untuk mengkapitalisasi nama mereka. Obama berarti “pantai kecil” dalam bahasa Jepang.

MYANMAR
Di Myanmar, beberapa warga merasa lega atas terpilihnya kembali Obama karena ia memilih untuk bekerja sama dengan negara tersebut daripada memberikan sanksi.
“Obama sangat fleksibel dan hubungan internasional membaik selama masa jabatannya,” ujar seorang montir bernama Thit Oo, 42

Semoga info hasil pemilu Amerika serikat 2012 diatas bisa menambah wawasan sobat semua. Dan Presiden Obama bisa membawa dampak yang baik bagi Indonesia.



Referensi : Wikipedia, Inilah.com, VOA

0 comments:

Poskan Komentar