4.6( 8864)

Komodo Panter Intai : Alat Tempur Terbaru Buatan Indonesia

KOMODO Alat Tempur Indonesia - Dalam postingan terlambat sebelumnya mengenai Indo Defence 2012 disebut ada salah satu Alutsista alat tempur terbaru buatan Indonesia yang diberi nama oleh Presiden SBY yaitu "KOMODO". Sobat terlambat penasaran seperti apa seh wujud serta spesifikasi dari ALUTSISTA Indonesia tersebut ?

Selain mengimpor alat-alat tempur canggih dari negara lain seperti Tank Leopard 2 ternyata Indonesia juga mampu membuat dan merancang sendiri ALUTSISTA loh. Berikut ini terlambat.info hadirkan info KOMODO yang merupakan kendaraan tempur produksi PT Pindad berjenis panser intai tersebut.

Komodo Alat Tempur Panter Indonesia
Kendaraan Tempur Panter Intai Komodo


Alat Tempur Bernama KOMODO Karya Indonesia


Presiden SBY baru saja secara resmi memberikan nama sebuah kendaraan taktis perang buatan industri dalam negeri. Kendaraan produksi PT Pindad .Presiden memberi nama alat tempur itu "Komodo."
 

Komodo diharapkan dapat memberikan kemenangan dan kejayaan bagi Indonesia.

"Kepada para prajurit, ini adalah kendaraan taktis karya putra-putri Indonesia yang InsyaAllah akan menjadi kendaraan taktis yang handal bisa bergerak di segala bidang, cuaca, bertempur di medan-medan Indonesia, saya beri nama komodo," kata Presiden SBY ketika meninjau pameran Indodefence 2012 di Jakarta, Sabtu (10/11) siang.

Kendaraan tempur taktis berjenis panser dengan penggerak empat roda (4x4) ini memiliki kemampuan yang handal di berbagai medan. SBY yakin kendaraan taktis (rantis) ini akan dapat membawa kemenangan bagi setiap pertempuran Indonesia.

"Semoga kendaraan taktis ini benar-benar handal, bisa bertempur dan tentu membawa kemenangan dan kejayaan bagi indonesia," harap SBY.

Alasan Diberi Nama Komodo
Alasan SBY menamakan panser seperti jeep ini dengan nama Komodo karena adalah hewan yang perkasa dan hanya ada di bumi Indonesia. Presiden SBY bahkan sempat masuk ke dalam Komodo dan duduk dibangku depan.

Spesifikasi KOMODO


Adapun spesifikasi teknis dari Komodo yakni, menggunakan mesin diesel turbo ini memiliki berat kosong 10 ton. Kemampuan daya jelajah rantis ini cukup mumpuni dengan kecepatan maksimal 100 km per jam dengan enam percepatan manual. Sekilas Komodo mirip dengan Humvee, kendaraan taktis milik Marinir AS.

Komodo mampu membawa lima hingga sebelas orang di dalam kendaraan lapis baja sepanjang 5,4 meter ini. Panser KOMODO ini juga telah melalui serangkaian uji statis, uji tipe dan uji dinamis dari Bandung menuju Balaraja. Komodo mampu bertahan dari terjangan peluru hingga 7,62 mm.

Selain itu, Komodo juga telah meraih sertifikasi kendaraan tempur (ranpur) multiguna dari TNI AD. Komodo direncanakan akan diproduksi hingga 240 unit.

Disebutkan, sejumlah institusi sudah memesan. Adapun instansi yang sudah memesan Komodo yakni Kopassus dan Brimob. Komodo pertama kalinya tampil Indodefence 2012 dan menarik perhatian sejumlah pengunjung dan personel militer yang hadir.



Semoga info mengenai Alutsista
Referensi : MetroTVNews.com

1 comments: