4.6( 8864)

Makanan Penyebab Insomnia Yang Perlu Dihindari Sebelum Tidur

Penyebab Insomnia - Kebiasaan yang tidur tengah malam sekali bahkan tidak bisa tidur di Jam-jam normal yang biasa disebut INSOMNIA memang suatu hal yang dianggap sepele namun apabila dibiarkan terus menerus bisa berbahaya loh bagi kesehatan. Faktor penyebab Insomnia kebanyakan ialah pola hidup yang salah ataupun juga karena suatu pekerjaan / hobby ditengah malam yang dibiarkan misalnya orang yang hobby online seperti blogger terbiasa terjaga hingga larut malam lama-lama menjadi kebiasaan.

Selain pola hidup ternyata juga ada beberapa makanan penyebab Insomnia atau susah tidur. Nah makanan apa saja seh yang perlu dihindari sobat agar bisa ngantuk dan tidak Insomnia lagi ? Berikut ini infonya yang terlambat dapatkan mengenai makanan yang harus dihindari sebelum tidur.

Makanan Penyebab Insomnia
Insomnia

Makanan Penyebab Insomnia 

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya jangan dimakan Sebelum Tidur agar tidak memperparah Insomnia.

1. Kafein
Jauhi minuman atau makanan yang mengandung kafein sebelum tidur, karena kafein menyebabkan jantung berdebar dan tubuh terjaga.

2. Es krim
Sebaiknya hindari makan es krim sebelum tidur, sebab es krim mengandung banyak lemak. Mengonsumsi es krim sebelum tidur membuat tubuh sibuk membakar lemak, bukannya beristirahat.

3. Cokelat hitam
Coklat hitam juga sebaiknya tidak dimakan oleh penderita insomnia sebelum tidur, karena cokelat hitam mengandung kafein.

4. Alkohol
Beberapa orang menganggap meminum alkohol di malam hari membantu tidur cepat. Padahal kenyataannya, alkohol tidak mampu memberikan waktu istirahat yang tahan lama dan tidak membuat kita merasa segar saat terbangun.


Nah sebaliknya, kalau makanan dibawah ini justru baik dikonsumsi bagi sobat Insomnia. Agar bisa cepat mengantuk dan bisa tidur nyenyak. 

Tapi ingat jangan sampai Ngorok ya tidurnya.


Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Tidur


1. Susu sapi

Minumlah segelas susu sapi segar sebelum tidur, karena susu sapi segar mengandung tryptophan dan kalsium yang membuat otot dan saraf lebih sehat. Bagi penderita insomnia, kalsium pada susu sapi segar membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi beban stress. Dengan pikiran yang tenang dan jauh dari rasa stress, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

2. Kacang-kacangan, seperti kacang almond

Kacang-kacangan kaya akan vitamin B dan asam folat. Unsur-unsur tersebut membantu tubuh untuk mengatur siklus tidur yang baik. Dari berbagai jenis kacang-kacangan, kacang almond baik untuk dikonsumsi oleh penderita insomnia. Kacang almond akan membuat tekanan darah anda menjadi normal. Tekanan darah yang normal membantu penderita insomnia lebih mudah untuk tidur.

3. Ikan, seperti ikan salmon

Ikan sebaiknya dimasak dengan direbus atau dikukus agar kandungan gizinya tidak hilang. Jenis ikan yang baik untuk penderita insomnia adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung asam docosahexaenoic yaitu DHA, yang meningkatkan hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin adalah hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak.

4. Buah-buahan seperti ceri dan pisang

Dari berbagai jenis buah yang ada, ceri dan pisang adalah buah yang dipercaya mampu mengatasi insomnia, karena buah ceri mengandung zat melatonin. Sedangkan pisang mengandung magnesium, potassium, dan tryptophan yang bisa membuat otot dan saraf lebih rileks, serta pikiran menjadi tenang.


Semoga informasi mengenai beberapa makanan-minuman yang perlu dihindari agar tidak Insomnia diatas bermanfaat buat sobat semua.

Baca Juga : Sms Ucapan Met Bobo


Oh iya, Jangan Lupa Baca Doa Dulu Sebelum Bobo Eaaaa

1 comments: