4.6( 8864)

Pembangunan Jembatan S Parman Banjarmasin 2012

Pembangunan Jembatan Baru S Parman - Brigjen H Hasan Basri - Selain Jembatan Layang fly over Banjarmasin juga sedang dibangun jembatan Kayu Tangi di jalan S. Parman-Brigjen H Hasan Baseri Banjarmasin yang menghubungkan Sei-mia, Kampung Arab, Jalan Pangeran, Kuin.


Pembangunan - Pelebaran Jembatan S Parman 2012


Jembatan S Parman memang saat ini menjadi salah satu titik macet di Banjarmasin terutama saat jam sekolah dan pulang sekolah. Akan menumpuk di daerah tersebut. Macet di Jembatan menurut terlambat.info sangat berbahaya karena ketika macet pas di di Tanjakan akan rawan kecelekaan , kendaraan mundur.

Untuk pembebasan lahan sudah jalan, dan tinggal dilaksanakan pembangunan. Jembatan Kayu Tangi yang menghubungkan Jalan S. Parman dan Jalan Brigjend Hasan Basry tersebut, selama ini dianggap menjadi salah satu "biang kerok" kemacetan di daerah itu. Terutama saat jam berangkat dan pulang kerja.

Kemacetan di Jalan S Parman, terutama saat melintasi jembatan di seputaran muara Kayutangi, tidak dapat terhindarkan.

Itu terjadi, terutama saat jam-jam sibuk. Bahkan, Sabtu¬Minggu pun, kemacetan juga tak terhindarkan. Kendaraan yang melintasi jembatan tersebut, ikut terjebak dalam kemacetan.

Lalu lints di sekitar jembatan selalu sangat padat. Sering bikin macet. Panjang macet sampai SDN Pasar Lama.

Mengatasi kondisi seperti itu, Dinas Pekerjaan Umum Kalsel akan membangun jembatan baru di kawasan tersebut. Penyelesaian pembangunan jembatan itu ditargetkan selesai dua tahun anggaran. Somber dana, dari APBN, karna merupakan jalan nasional.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalsel, Martinus, mengatakan, selain jembatan layang di jalan A Yani Km4, pembangunan Jembatan S Parman itu juga sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan di dalam Kota Banjarmasin.

Bentuk Baru Jembatan S Parman
"Nantinya, Jembatan S Parman akan sama seperti Jembatan Sungai paring di Martapura, Kabupaten Banjar," lontarnya, Selasa (2/10).

Jembatan S Parman itu, sambungnya, pada Januari 2012 sudah lelang. Dilanjut keproses-proses lainnya. Waktu itu, kondisi di lapangan. Pemerintah Kota Banjarmasin ternyata belum tuntas dalam pembebasan lahannya. Dan, baru-baru ini saja menyelesaikan.

Menurutnya, Jembatan S Parman itu nantinya berspresifikasi kelas A. Panjangnya 41 meter. jembatan bare itu nantinya digunakan untuk kendaraan yang melintas dari arah Kayutangi menuju dalam Kota Banjarmasin.

Mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kalsel itu juga menambahkan, kemungkinan pada minggu depan kontraktor sudah memulai pemancangan tiang pertama. Sembari pembangunan jembatanbaru, juga pembenahan pada ujung-ujung jembatan untuk akses jalan menuju Antasan Kecil Timur dan Antasan Kecil Barat, semacam segitiga kecil.

Biaya Jembatan S Parman Banjarmasin
"Pembangunan Jembatan S Parman menggunakan dana APBN 2012 dan 2013, dua tahun anggaran, dengan total dananya Rp 15 miliar, jembatan barn itu juga didesain untuk satujalur, lengkap pula dengan trotoar untuk pejalan kaki," jelasnya.

la pun berharap, pada 2013, Jembatan S Parman sudah selesai. Mengingat, keberadaan jembatan ini sangat penting untuk akses dari Kayutangi ke dalam kola dan sebaliknya.

Tambahan lainnya, badan jembatan akan dilebarkan lagi agar pengguna jalan nyaman. Tinggal, Pemko Banjarmasin secepatnya membebaskaniahan untuk oprit jembatan.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan pembangunan Kota (Bappeko) Banjarmasin, N Fajar Desira, menimpali, pembebasan lahan dilakukan secara bertahap.

Nantinya, sambung mantan Kepala PU Pemko ini, lahan yang dibebaskan termasuk untuk memperlancar pembangunan Jembatan S Parman. Bagian Tata Pemerintahan Pemko Banjarmasin sudah melakukan pembebasan didaerah bantaran sungai. Selanjutnya, membebaskan lahan untuk opritjembatan.(has)"Kondisi 


"Akhir 2012 jembatan Kayu Tangi akan dibangun. Untuk pembebasan lahan sudah dilaksanakan, tinggal dibangun," imbuhnya. 

Menurut pantauan Radar Banjarmasin, di daerah sekitar jembatan Kayu Tangi, beberapa rumah sudah dibongkar, tepatnya yang berada di kelurahan Sungai Miai, Banjarmasin Utara.

Pembongkaran rumah ini, merupakan salah satu langkah pembebasan lahan dengan ganti rugi untuk membangun jembatan. 


Referensi : Bpost dan Radar Banjarmasin
Description: Jembatan S Parman Banjarmasin
Rating: 4.5 Salam Terlambat

0 comments:

Poskan Komentar