4.6( 8864)

Tips Belajar Scuba Diving Untuk Pemula


Tips Belajar Scuba Diving Untuk Pemula - Sobat terlambat pernah menyelam, lebih tepatnya Scuba Diving ? Hobi Scuba diving itu asyk dan keren loh tapi juga sobat terlambat jangan anggap sepele karena scuba diving merupakan salah satu hobi yang bisa sangat berbahaya, jika dalam menyelam pertama kali sobat tidak memiliki kemampuan yang memenuhi standard Scuba Diving dan kurangnya kesadaran akan keselamatan saat berada di dunia air.

Jadi sebelum melakukan Scuba Diving untuk pertama kalinya sangatlah penting bagi Anda untuk mengikuti pelatihan dari ahlinya. Selain itu sobat juga bisa memperhatikan beberapa tips trik scuba diving untuk pemula yang terlambat dapatkan dibawah ini.



Tips Scuba Diving Untuk Pemula


Apa itu Scuba Diving ?
Selam Scuba adalah penggunaan alat pernapasan bebas untuk berada bawah air dalam waktu lama untuk penyelaman rekreasi dan penyelaman profesional. Biasanya penyelam berenang di bawah air, namun berjalan dan penggunaan kendaraan propulsi penyelam juga dimungkinkan. Kata SCUBA merupakan sebuah akronim untuk "Self Contained Underwater Breathing Apparatus", tetapi telah diterima sebagai kata yang menunjuk ke peralatan scuba.

Dua jenis peralatan scuba adalah "sirkuit-terbuka" Aqua-lung, dikembangkan oleh Jacques Cousteau dan "sirkuit-tertutup" Rebreather.

Tips-tips scuba diving dibagi menjadi dua yaitu : 


  • tips mengatur udara selama scuba diving dan 
  • tips keselamatan scuba diving.
Tips Belajar Scuba Diving
Scuba Diving

 1. Tips Mengatur Udara Selama Melakukan Scuba Diving

  • Anda harus rajin berlatih untuk meningkatkan stamina dan agar Anda memahami bagaimana cara menyimpan cadangan udara di paru-paru Anda.
  • Cobalah untuk bernafas perlahan dan dalam. Jangan pernah mencoba untuk menahan nafas untuk lebih menghemat udara karena hal ini tidak akan membantu.
  • Minimalkan gerakan Anda, karena semakin banyak Anda bergerak lebih banyak udara yang Anda butuhkan. Berkonsentrasilah pada setiap gerakan Anda dan gunakan sirip untuk bergerak ke depan.
  • Periksalah semua peralatan udara Anda agar Anda tidak mengalami masalah serius di dalam air.
  • Usahakan ketika Anda berada didalam air bergeraklah secara horisontal, hal ini untuk meningkatkan ketahanan Anda ketika di dalam air dan menghemat cadangan udara.
  • Jangan pernah mencoba untuk bergerak dengan cepat karena Anda akan membutuhkan udara berlebih. So, bergeraklah perlahan sembari menikmati keindahan dunia bawah laut.

2. Tips Keselamatan Scuba Diving

  • Sebelum Anda memasuki air periksalah semua peralatan scuba diving Anda, seperti masker, tangki oksigen, pipa-pipa, regulator, dan lainnya. Anda dapat memeriksa seluruh peralatan scuba diving dengan mencobanya di kolam renang.
  • Anda harus selalu menyelam berpasangan atau berkelompok. Hal ini akan membuat Anda aman saat Anda mengalami masalah di dalam air. Ingat, jangan pernah menyelam sendiri!
  • Bersiaplah dalam berbagai kondisi buruk untuk menghindari kepanikan saat menghadapi masalah.
  • Jangan pernah menyelam setelah minum alkohol karena tubuh akan mengalami dehidrasi dan hilangnya kesadaran.
  • Berlatihlah untuk mengendalikan daya apung, karena akan menyelamatkan Anda saat Anda mengalami hal-hal yang tidak terduga.
  • Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti penyakit serius atau komplikasi, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum Anda melakukan scuba diving.
  • Amati gerakan atau teknik-teknik penyelam berpengalaman, agar memperkaya pengetahuan Anda mengenai scuba diving.

Masih kurang jelas kalau hanya membaca teori , baiknya sobat bisa langsung praktek melihat video proses latihan scuba diving yang diadakan di kolam renang Grand Borneo saat penyelenggaraan Miss Scuba International Diving Exhibition 2011 :

Video Tutorial Scuva Diving



Semoga info mengenai Tips Belajar Pemula Scuba Diving diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat terlambat semua mengenai berbagai macam hobi didunia ini yang mungkin sobat ada yang terlambat mengetahuinya.

1 comments: