4.6( 8864)

Cara Mengatasi Anemia Kurang Darah

Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah - Mungkin sebagian dari kita ada yang mengalami Kurang darah atau biasa disebut ANEMIA dengan gejala yang tampak biasanya cepat pusing, mudah lelah dan muka pucat. Kali ini terlambat.info hadir memberikan info lengkap seputar bagaimana cara mengatasi anemia kurangh darah.

Cara Mengatasi Anemia Kurang Darah
Anemia / Kurang Darah


Cara Mengatasi Anemia Kurang Darah


Sebelum langsung membahas bagaimana Tips & Cara mengatasi atau mengobati Kurang darah agar tidak balik lagi ada baiknya tahu dulu hal-hal yang bersangkutan dengan ANEMIA seperti gejala dan penyebabnya.

Tanda-Tanda atau Gejala Kurang Darah


  • kelelahan, lemah, pucat dan kurang bergairah
  • sakit kepala dan mudah marah
  • tidak mampu berkonsentrasi dan rentan terhadap infeksi
  • pada anemia yang kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah lunak dan sulit menelan.

Penyebab Kurang Darah

  • kekurangan darah dalam jumlah banyak kerusakan sel-sel darah merah
  • kekurangan bahan dasar untuk membuat sel darah merah seperti hemoglobin yang disebabkan oleh defisiensi zat besi
  • kegagalan sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dalam jumlah yang cukup besar.
  • Kurangnya zat besi dalam makanan yang dikonsumsi
  • Malabsorbsi zat besi ( penyerapan zat besi yang tidak optimal) akibat diare kronis, pembedahan tertentu pada saluran pencernaan seperti lambung. Zat besi diabsorpsi dari saluran pencernaan. Sebagian besar, zat besi diabsorpsi dari usus halus bagian atas terutama duodenum. Bila terjadi gangguan saluran pencernaan, maka absorpsi zat besi dari saluran pencernaan menjadi tidak optimal. Hal itu menyebabkan kurangnya kadar zat besi dalam tubuh sehingga pembentukan sel darah merah terhambat.
  • Kehilangan darah yang disebabkan oleh perdarahan menstruasi yang berat, luka, kanker dan perdarahan gastrointestinal akibat induksi obat. Kehilangan banyak darah tersebut menyebabkan terkurasnya cadangan zat besi dalam tubuh sehingga pembentukan sel darah merah terganggu.
  • Kurang darah dalam masa Kehamilan Suplai zat besi ibu dialihkan ke janin untuk pembentukan sel darah merah janin. Hal itu menyebabkan ibu tersebut kekurangan zat besi.

Cara Alami Mengobati Kurang Darah

Ada banyak cara pengobatan Anemia denga menggunakan bahan Alami, dibawah ini ada beberapa cara mengatasi kurang darah diantaranya :

  1. 60 gram daun bayam merah direbus dengan air secukupnya. Selanjutnya ditambahkan satu kuning telur ayam kampung. Ramuan tersebut dapat dimakan.
  2. 100 gram kacang hijau + 10 butir angco direbus/ditim + 30 gram kismis, direbus hingga menjadi bubur cair, kemudian dimakan.
  3. 30 gram daun kacang panjang + 30 gram daun bayam duri + 25 gram lempuyang wangi, dicuci dan diblender dengan 100 cc air, disaring, airnya diminum.
  4. 30-50 buah buni yang matang + 20 buah murbei + 20 gram kunyit, diblender dengan menambahkan 100 cc air, tambahkan 1 sendok makan madu lalu diminum.

Tips Bagi Anda Yang Anemia Kurang Darah


Perbanyaklah Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, dan lain-lain serta jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C ( asam askorbat) seperti buah jeruk, tomat, mangga dan lain-lain, sebab asam askorbat dapat meningkatkan penyerapan zat besi.


Semoga kita bisa hidup terus sehat. Bagi anda yang Anemia juga bisa minum Susu Beruang ataupun menggunakan Obat Anemia yang sudah dijual di Apotek terdekat di kota anda dalam rangka mengatasi Anemia anda.


Referensi : Forum Kompas

0 comments:

Posting Komentar