4.6( 8864)

Kenaikan Gaji PNS 7 Persen Tahun 2013

Kenaikan Gaji PNS 2013 - Pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menjadi salah satu profesi yang diinginkan sebagian anak muda di Indonesia. Selain adanya tunjangan dan masa depan yang dinilai terjamin, gaji dari seorang PNS juga dinilai lumayan untuk hidup di Indonesia ditmbah lagi berbagai tunjangan dan gaji ke 13. Lantas berapa besar seh gaji PNS tersebut. Berikut ini informasi mengenai kenaikan Gaji PNS tahun 2013.

Gaji PNS 2013
Ilustrasi : Foto PNS

Kenaikan gaji pns tahun 2013 berapa persen? Mungkin sobat sudah penasaran. Berikut ini infonya yang terlambat dapatkan dari MetroTVNews & detik.com

Gaji PNS Naik 7% Tahun 2013




Pemerintah mengumumkan kenaikan gaji untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun.Kenaikan gaji tersebut tidak termasuk untuk Presiden dan para menterinya.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan,kenaikan gaji PNS tahun depan tidak terlalu besar, hanya 7% atau sedikit di atas angka inflasi.

"Gaji PNS tahun depan naik 7%, itu tidak besar hanya menyesuaikan dari angka inflasi atau lebih naik sedikit dari angka inflasi," kata Hatta ketika ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (23/8/2012).

Hatta menegaskan, presiden, wakil presiden, dan menteri tidak ikut menikmati kenaikan gaji di tahun depan.

"Tidak, gaji presiden dan menterinya tidak naik. Gaji presiden sama menterinya tetap, tetap Rp 19 juta (gaji pokok menteri)," cetus Hatta.

Seperti diketahui, pemerintah menganggarkan Rp 112,2 triliun untuk membayar gaji dan tunjangan PNS, TNI, dan Polri. Anggaran tersebut masuk dalam anggaran belanja pegawai di 2013 yang totalnya Rp 241,1 triliun.

Jumlah anggaran gaji PNS Rp 112,2 triliun di 2013 menunjukkan peningkatan Rp 10,9 triliun atau 10,7%, dari pagu dalam APBN-P 2012 yang sebesar Rp 101,3 triliun.

Peningkatan tersebut terutama disebabkan kebijakan kenaikan gaji pokok sebesar rata-rata 7%, serta penyediaan cadangan anggaran untuk mengantisipasi kebutuhan gaji bagi tambahan pegawai baru di instansi pemerintah pusat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan menggantikan pegawai yang memasuki usia pensiun.

Selanjutnya, untuk pembayaran honorarium, vakasi, lembur, dan sebagainya, pemerintah dalam RAPBN 2013 mengalokasikan Rp 51,6 triliun yang berasal dari anggaran belanja pegawai.

Alokasi honorarium serta lainnya, menunjukkan peningkatan sebesar Rp 9,9 triliun atau 23,7% dibandingkan dengan alokasi dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 41,7 triliun.


Kenaikan gaji rata-rata tujuh persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 itu disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam konferensi pers pembahasan APBN 2013, di Jakarta, Senin (29/10.

Agus Martowardojo mengatakan pemberian gaji ke 13 2013 bagi PNS memang dipersiapkan.

"(Dalam APBN 2013) akan ada kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok rata-rata tujuh persen dan pemberian gaji dan pensiun bulan ke 13 (bagi PNS)," kata Agus Martowardojo.

3 comments:

  1. KAPAN PEMBAYARAN KNAIKAN GAJI THN 2013 DIREALISASIKAN,MENGINGAT TAHUN LALU BULAN APRIL SUDAH DG GAJI BARU TRIMA KASIH.

    BalasHapus
  2. sekarang zamannya "penundaan" begitu juga kenaikkan gaji, biasanya april ... ya tahun ini bisa di"tunda" entah mei, juni ...dst!!!

    BalasHapus
  3. Rencana pencairan kenaikan gaji PNS sebesar 7% pada Tahun 2013, ternyata masih belum bisa dipastikan meskipun sudah memasuki bulan ke 5 (Lima), artinya pelaksanaan telah mundur 1 (bulan) sebagaimana yang dijadwalkan oleh Pemerintah.

    Tentunya sebagai seorang PNS harus bisa bersikap bijaksana dan harus terbiasa bekerja dengan sistem, dan yang namanya pekerjaan manusia pasti selalu ada kekurangan-kekurangannya.

    Yang jelas dan fakta bahwa kepastian kenaikan gaji PNS sebesar 7% Tahun 2013 telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah nomor : 22 tahun 2013 tentang PERUBAHAN KELIMA BELAS ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 7 TAHUN 1977 TENTANG PERATURAN GAJI PEGAWAI NEGERI SIPIL. (Sumber Data : www.Setneg.go.id/Produk Hukum).

    Oleh karena itu, marilah kita sama-sama memohon kepada Allah SWT, semoga Kinerja Pemerintah RI ke depannya menjadi lebih baik daripada sekarang.
    Semoga info ini bisa memberikan manfaat, dan terima kasih.

    BalasHapus