4.6( 8864)

Kronologis Perang Antar Kampung di Maluku Desember 2012

Kronologis Kejadian Bentrok Perang Antar Kampung Maluku - Desember 2012 di penghujung tahun dan tinggal menghitung hari lagi bergantinya tahun yang baru 2013. Indonesia kembali dirundung duka. Berita terbaru mengabarkan adanya kerusuhan atau perang antar kampung-desa di maluku yang mengakibatkan korban jiwa beberapa warga akibat senjata tajam dana senjata rakitan.

Berikut ini info kronologis dan apa penyebab timbulnya perang kampung di Maluku 29 Desember 2012.

Perang Kampung Maluku Desember 2012
Ilustrasi Perang Kampung Maluku Desember 2012


Kronologis Perang Antar Kampung Maluku 29 Desember 2012



Perang antarkampung pecah antara warga Desa Hualoy, Maluku Tengah, dengan warga Desa Kamarian dan Desa Sepa, Seram Barat, Sabtu (29/12/2012). Polisi mengatakan perang itu terjadi karena mobil rombongan Warga Sepa menyenggol Warga Hualoy yang sedang mabuk.

"Peristiwa bentrok antarwarga Sepa Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah dengan Warga Hualoy Kabupaten Seram Bagian Barat, TKP di Hualoy Sabtu 29 Desember 2012 sekitar pukul 14.30 WIT yang menyebabkan lima meninggal dunia," kata Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, kepada detikcom, Minggu (30/12/2012).

Jumat, 28 Desember 2012

Diadakan acara pelantikan Raja Desa Kamarin, Kabupaten Seram Bagian Barat. Pelantikan itu mengundang warga Desa Sepa.

Dalam perjalanan menuju Kamarin melewati Desa Hualoy, mobil rombongan warga Sepa menyenggol salah satu warga Hualoy yang mabuk. "Sehingga warga Hualoy meunggu warga Sepa yang akan kembali dari menghadiri pelantikan Raja Kamarin," tutur Boy.

Sabtu, 29 Desember 2012 pukul 14.30 WIT

Terjadi bentrok antara Warga Hualoy dengan Warga Sepa yang dibantu Warga Kamarin. Bentrokan ini menyebabkan lima orang meninggal dunia dan beberapa orang lainnya luka-luka. Pada malam harinya kondisi sudah bisa dikendalikan oleh aparat kepolisian.

Minggu, 30 Desember 2012

Kapolda Maluku bersama Kasat Brimob, Direskrimum, dan Wadir Intel menuju TKP dengan menempuh perjalanan lima jam melalui laut dan darat. Situasi tetap kondusif.

"Upaya dialog antarpemuka adat dan agama sedang diupayakan," pungkas Boy.

Kabar Terkini Maluku 30 Desember 2012 Korban Jiwa 5 Orang


Perang antarkampung pecah antara warga Desa Hualoy, Maluku Tengah, dengan warga Desa Kamarian dan Desa Sepa, Seram Barat, Sabtu (29/12/2012). Korban tewas yang semula tiga orang, kini menjadi lima orang.

"Yang meninggal jadi lima orang, berarti yang luka tinggal tiga orang," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Suhardi Aliyus, kepada detikcom, Minggu (30/12/2012).

Suhardi mengatakan saat ini kondisi di lokasi bentrok sudah kondusif. Aparat kepolisian dibantu TNI juga terus berjaga untuk memastikan situasi tetap kondusif. Sementara warga yang mengungsi ditampung di Polres Maluku Tengah.

"Situasi sudah diatasi," ujarnya.

Peristiwa berawal dari acara pelantikan kepala Desa Kamarian, Sabtu (29/12/2012). Dalam acara tersebut, terjadi salah paham yang berujung seorang warga desa Hualoy dipukuli warga Desa Sepa. Saat hendak kembali, warga Desa Hualoy yang tidak terima aksi pemukulan, lalu menghadang rombongan warga Desa Sepa dibantu oleh warga Desa Kamarian dan terjadilah bentrokan.

Bentrokan atau Perang antar warga masih saja terjadi di negeri ini. Padahal sebagai bangsa yang terdiri dari beragam suku, agama dan bahasa ini perbedaan sejatinya menjadi sebuah kekayaan yang mengokohkan persatuan sebagai warga sebangsa dan setanah air. Tidak mudah terprovokasi dan memiliki sikap tenggang rasa yag tinggi menjadi kunci dalam mengatasi dan mencegah agar bentrokan-bentrokan seperti ini tidak harus selalu terjadi.

Semoga saja situasi di Maluku Bisa damai kembali dan tidak bertambah korban Jiwa. Amin!

Referensi : Detik & Jawaban.com


0 comments:

Poskan Komentar