4.6( 8864)

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

Manfaat Buah Manggis - Buah manggis merupakan salah satu buah khas Indonesia yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Karena Buah Manggis memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.Jadi, tak heran jika banyak orang asing yang rela berburu manggis hingga ke Indonesia loh.

Berikut ini beberapa Manfaat Buah Manggis seperti dilansir dari LiveStrong. Ciri Buah Manggis yaitu memiliki kulit keras berwarna gelap dengan rasa buah yang asa dan manis. Jus manggis sangat populer di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat.

Manfaat Buah Manggis


Inilah kumpulan manfaat buah manggis untuk pengobatan dan kesehatan manusia.

Manfaat Buah Manggis


Buah Manggis Mengurangi peradangan

Inflamasi sistemik pada orang yang mengalami obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Sebuah artikel di Journal Nutrition juga melaporkan bahwa relawan yang minum jus manggis dua kali sehari menunjukkan penurunan inflamasi yang signifikan dalam aliran darah.

Buah Manggis Mengobati Sakit Gigi

Walaupun hasil dari penelitian ilmiah ini masih sangat awal, para ilmuwan tetap mempelajari manggis sebagai "senjata" untuk melumpuhkan penyakit gusi, yang dikenal dengan sebutan periodontitis. 

Buah Manggis Efek antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melawan bahaya radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel, penyakit jantung, dan kanker. Radikal bebas secara alami memang diproduksi oleh tubuh. Namun, radikal bebas juga diciptakan oleh faktor lingkungan seperti polusi asap tembakau, radiasi dan polutan kendaraan. 

Jus manggis adalah minuman yang sangat kaya antioksidan, yang dikenal dengan sebutan xanthones. Xanthone ditemukan hanya dalam beberapa tanaman tropis, dan manggis merupakan sumber utama dari senyawa tersebut.


Buah Manggis Mengobati Berbagai Penyakit


Buah Manggis berkhasiat mengatasi penyakit yang dianggap berbahaya seperti diabetes, kanker, arthritis, Alzheimer, penyakit jantung, dan lainnya. Buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti di atas.

 MENYEMBUHKAN DAN MENCEGAH KANKER

Sekarang ini sedang dilakukan penelitian yang tiada henti tentang khasiat buah manggis terhadap penyakit-penyakit kanker. Hasil penelitian sementara, ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker usus.

MENGHILANGKAN RASA SAKIT

Buah manggis juga berkhasiat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Seorang dokter di Amerika Serikat mengaku mengganti obat-obatan penghilang rasa sakit yang diderita di lehernya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan buah manggis bisa memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang.

MELAWAN RADIKAL BEBAS

Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan bahwa mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.

MENGURANGI TEKANAN DARAH TINGGI

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan berat badan.

MEMELIHARA PENCERNAAN

Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang, dan kelebihan gas. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkan kembali kerja perut.

MENJAGA SALURAN KENCING

Secara alamiah sesuai dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun. Dan kondisi ini berpengaruh pada saluran kencing. Demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat sesuai dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing. Zat xanthones yang ada pada buah manggis termasuk zat yang mengaktifkan antibakteri.

MENYEMBUHKAN ASMA

Asama tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.

MENGOBATI DAN MENCEGAH DIABETES

Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Dan untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.

Khasiat Dan Manfaat Jus Kulit Buah Manggis


Selain isinya Kulit manggis juga dipercaya bisa membantu penurunan berat badan, mengobati ketegangan otot atau sendi, mencegah penuaan dini dan masih banyak lainnya. Nah, untuk cara menggunakannya lihat dibawah ini:


Cara mengolah kulit manggis menjadi jus:

  1.     Cuci Dulu buah manggis hingga bersih.
  2.     Masukkan ke dalam blender (haluskan).
  3.     Bisa ditambahkan madu biar lebih enak dan lebih mantap
  4.     Jus manggis siap diminum.

Semoga informasi Manfaat dari buah manggis diatas bermanfaat buat kita semua.

Referensi : Merdeka.com

0 comments:

Posting Komentar