4.6( 8864)

Ruhut Sitompul Dipecat Dari Partai Demokrat

Ruhut Sitompul Dipecat Demokrat - Kabar mengejutkan datang dari dunia Politik Indonesia ditengah carut marut banyaknya pemimpin yang terjerat Koropsi kini kabar terbaru mengabarkan Ruhut Sitompul dipecat dari DPP Partai Demokrat. Selebritis yang sudah lama terjun di dunia Politik ini sebelumnya sering muncul di TV apabila ad hal yang berkaitan dengan Demokrat. Namun diperkirakan pemecatan ruhut sitompul dari Demokrat karena perselisihan dengan Anas Urbaningrum.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) Saan Mustofa mengatakan bahwa pemecatan Ruhut Sitompul sudah sejak bulan September. Sementara ini pengganti posisi Ruhut di DPP PD adalah Komar.

"Sejak September ketika daftar ke KPU salah satu syarat kepengurusan. Bahwa ada penyegaran dan rotasi pak Ruhut diganti oleh Komar. Dia (Ruhut) sebagai anggota biasa," ujar Saan di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (15/12/2012).

Sebelumnya Ruhut yakin dirinya tak dipecat karena belum menerima SK. Saan menjelaskan bahwa proses rotasi memang tidak menggunakan SK.


Ruhut Sitompul Dipecat Demokrat
Foto Ruhut Sitompul




Rohut Sitompul Dipecat dari DPP Partai Demokrat



Pengurus teras Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat melalui suatu rapat memutuskan memecat Ruhut Sitompul. Anggota DPR itu kini tak lagi menjabat ketua Bidang Komunikasi dan Informatika DPP PD.

Tidak banyak penjelasan dari DPP mengapa Ruhut dicopot dan mengapa baru sekarang, jelang pelaksanaan Silaturahmi Nasional Demokat, 14-15 Desember 2012, yang merupakan rangkaian HUT partai pemenang pemilu tersebut.

DPP Demokrat hanya menjelaskan bahwa pencopotan Ruhut demi "penyegaran" menyongsong Pemilu 2012.

Ruhut, seperti dikutip TRIBUNnews.com, langsung menuding Anas Urbaningrum, Ketua Umum DPP Demokrat, sebagai otak di balik pemecatan itu.

"Itu sama saja menggali kuburnya sendiri, ketakutan dia pasti masuk bui kalau saya masih ada," kata Ruhut kepada TRIBUNnews.com, Kamis (13/12/2012).

Sekitar 3.000 kader Demokrat akan silahturahmi nasional di Sentul, Bogor.
Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan dalam acara tersebut kader Demokrat akan mendengarkan arahan dari Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
"Kalau kemarin khusus DPR RI. Saya kira Pak SBY punya arahan baru," imbuhnya seperti diberitakan TRIBUNnews.com.

Sama dengan silatnas tahun lalu, Demokrat sedang diselubungi isu korupsi para kadernya. Ketika itu, mantan Bendahara DPP Demokrat, Nazaruddin, sedang kabur ke luar negeri.

Dia bernyanyi mengenai tuduhan korupsi kepada tiga tokoh Demokrat: Anas, Andi Mallarangeng, dan Angelina Sondakh.

Nazaruddin ketika itu dicibir, dianggap hanya membual saja. Menjelang silatnas kali ini, Angelina sudah masuk bui dan Andi Mallarangeng sudah menjadi tersangka dan mundur sebagai Menpora sekaligus juga mundur sebagai Sekretaris Dewan Pembina Demokrat.
Selanjutnya tinggal bagaimana nasib Anas Urbaningrum.

Sebelum jelas nasib Anas mengenai tuduhan korupsi, Ruhut terlebih dahulu mendapat kado pahit.
Seperti juga pada silatnas tahun lalu, SBY akan berpidato. Ketika itu pidato SBY berbicara soal korupsi, mungkin juga kali ini.

Nurhayati menjelaskan, kemungkinan pengganti Andi Mallarangeng di kursi sekretaris dewan pembina akan diumumkan pada saat silatnas.

Alasan Rohut Sitompul dipecat dari Partai Demokrat

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustopa, membantah Ketua DPP Bidang Komunikasi dan Informasi, Ruhut Sitompul dipecat karena tidak santun dalam mengeluarkan pernyataan. "Partai punya aturan, mekanisme, dan etika," ujar dia di Gedung DPR, Jumat ,14 Desember 2012.

Ia juga membantah jika Ruhut dipecat karena sering mengeluarkan pernyataan agar Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum, mundur. "Tidak ada hubungannya sama sekali," kata Saan.

Menurut dia, digantinya jabatan Ketua DPP Bidang Kominfo bertujuan untuk penyegaran partai. "Selama ini kami mengadakan evaluasi kinerja tiap anggota untuk dicocokkan agar memaksimalkan potensi," Saan mengatakan.

Anggota Komisi Hukum itu menolak partainya disebut tidak solid terkait dengan penggantian Ruhut. "Itu sudah sesuai mekanime, bukan merupakan sesuatu yang tidak-tidak," kata Saan.

Ruhut Sitompul dicopot dari jabatan Ketua Departemen Kominfo sejak September lalu. Pencopotan dilakukan sebelum penyerahan berkas kepengurusan partai ke Komisi Pemilihan Umum.

Selain penggantian Ruhut, Demokrat merotasi sejumlah pengurusnya. Misalnya, Andi Nurpati menjadi Kepala Divisi Eksternal dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Sedangkan Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga, I Gede Pasek Suardika, menggantikan Andi Mallarangeng yang mundur pekan lalu. Adapun posisi Ruhut digantikan oleh Komar yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Departemen Kominfo Demokrat. 

Rotasi diharpakan semakin menyolidkan partai dan dalam rangka memaksimalkan semua pengurus Demokrat.


Source : Tribunews, Tempo dan Detik.com

2 comments: