4.6( 8864)

Tips Merawat HP Android - Agar Awet dan Tidak Lelet

Tips Merawat Ponsel Android Agar Awet dan Tidak Lelet - HP atau Smartphone Android memang sangat canggih namun dibalik kecanggihannya tersebut sobat terlambat haruslah mengetahui bagaimana cara merawat hp android yang hampir semuanya berlayar sentuh tersebut agar tahan lama  tidak cepat rusak. 

Bagaimana Cara merawat Ponsel Android sobat Terlambat.info bisa mengikuti tips-tips yang terlambat dapatkan dibawah Ini :

Ponsel Android

Tips Cara Merawat Android Agar Awet


1. Jangan Sering Instal/UNinstal Aplikasi
Layaknya ponsel pada umumnya ponsel android juga memiliki kekurangan, hal tersebut sangat berlaku pada kinerja RAM. Karena bagaimana pun juga jika menginstal aplikasi pasti akan ada data yang tersimpan secara otomatis pada RAM walaupun ukurannya relatif kecil, dan ponsel yang suka instal atau uninstal aplikasi otomatis RAM-nya akan terus bekerja. Sehingga umurnya akan menjadi lebih pendek, dan yang paling sering terjadi adalah RAM rusak setelah itu kinerja ponsel akan sangat menurun terutama dalam kecepatan mengakses menu.

Ponsel android terkenal dengan desainnya yang mengusung full touch screen alias sangat mengutamakan sentuhan pada layar untuk pengoprasiannya, disamping itu tidak semua ponsel android memiliki layar yang bagus dan jika disentuh secara kasar dapat mengurangi kecepatan respon layar ponsel. Oleh karenanya perlakukan ponsel android anda dengan lembut, agar respon sentuhannya tetap seperti ketika pertama kali baru digunakan.

3. Listrik Statis
Listrik statis dapat disebabkan oleh kain, plastik ataupun yang lainnya, listrik statis sendiri sangat berbahaya bagi ponsel android yang umumnya mengusung full touch screen. Karena ponsel yang biasanya diletakan pada saku celana secara tidak sengaja akan terkan listrik statis akibat gesekan dengan kain celana, dan akibatnya adalah respon layar akan semakin menurun dan tidak jarang sampai layarnya harus diganti akibat sudah tidak responsip lagi. Oleh karena itu jika anda memiliki ponsel android dan suka membawa ponsel kemana saja. maka ada baiknya menggunakan dompet atau tempat ponsel lainnya yang tidak bisa. menimbulkan listrik statis

4. Baterai
Yang terpenting dalam ponsel android adalah baterainya, dimana ponsel yang kaya fitur ini haus akan baterai. Jika anda memiliki ponsel android pastinya anda tahu seberapa boros ponsel android, karena orang yang memiliki ponsel android sendiri mengaku mereka bisa melakukan pengisian ulang baterai 2 sampai 3 kali perhari.

Jadi bisa dibayangkan jiaka baterai ponsel anda drop pastinya bisa melakukan pengisian ulang sampai 5 kali perhari, oleh karenanya ada baiknya anda merawat baterai ponsel anda. Caranya cukup mudah, jika baterai habis silakan non aktifkan ponsel dan lakukan pengisian ulang. Selain itu anda tidak boleh menggunakan ponsel anda ketika sedang melakukan pengisian baterai, karena hal ini dapat membuat ponsel panas dan merusak komponen penting pada ponsel.



Tips Agar Android Tidak Lelet



apus / kosongkan Cache
Cache merupakan log aktivitas aplikasi yang dijalankan, kalau dibiarkan menumpuk maka akan membuat RAM menjadi penuh sehingga kinerja ponsel menjadi lemot. Hal terbaik adalah melakukan penghapusan cache. Caranya masuk ke menu Setting - Applications. Di dalam menu tersebut akan ada pilihan Manage Applications, yang jika dibuka akan terlihat aplikasi yang sudah diinstal. Hapuslah cache dari aplikasi yang diinginkan. Penghapusan Cache ini tidak akan menghapus data-data yang ada di ponsel Android Anda.

Hapus/Uninstal Aplikasi
Sama halnya dengan komputer, menginstal banyak aplikasi akan mempengaruhi kecepatan kerja ponsel. Maka ada baiknya Anda selektif dalam meilih aplikasi yang akan dipasang. Pilih Aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Dan hapus aplikasi yang sekiranya tidak menunjang produktivitas.
Caranya masuk ke menu Setting - Applications - Manage Applications, dan pilih aplikasi mana yang akan dihapus.

Format Memory Card
Kartu memory merupakan tempat menyimpan data-data yang kita butuhkan. Namun semakin banyak data yang kita simpan dalam ponsel kita tentu saja akan membuat kerja ponsel semakin berat, Anda boleh sekali-kali memformat Memory card atau memindahkan data-data pada back up di komputer.

Manfaatkan Task Manager
Seperti halnya pada komputer, terkadang di ponsel Android terdapat aplikasi yang lag/hang, nah untuk "membunuh" aplikasi yang sedang berjalan, Anda membutuhkan aplikasi Task Kill Manager. Aplikasi yang berfungsi layaknya Windows Task Manager pada window ini bisa diperoleh secara gratis di Google Play Store.

Rooting
Rooting berarti kita memperoleh akses sepenuihnya terhadap semua system dalam ponsel Android kita. hal itu memungkinkan Anda sebagai pengguna ponsel menghapus aplikasi bawaan vendor, dan melakukan upgrade tanpa harus menunggu persetujuan vendor. Dengan begitu performa ponsel akan lebih fresh dan kencang.
**Catatan: yang perlu diingat, ketika Anda melakukan rooting, berarti garansi tidak akan berlaku lagi.

Semoga beberapa tips cara merawat hp Android diatas bisa bermanfaat buat kita semua. Ingin membeli sebuah HP Android murah ? silahkan sobat cek referensi daftar harga hp bulan ini di : 


Referensi : RemajaTekno.com & SalingSharing.com

1 comments: