4.6( 8864)

Gempa di Aceh 6.0 SR 10 Januari 2013 Tidak Berpotensi Tsunami

Aceh Gempa 6 SR Kemarin - Kamis Malam, 10 Januari 2013 Gempa bumi kembali menggoyang wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Gempa itu berkekuatan 6,0 skala richter.

Berdasarkan website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis kemarin (10/1/2013), gempa Aceh tersebut terjadi sekitar pukul 20.47 WIB. Pusat gempa terjadi di 77 km Barat Daya Kabupaten Aceh Jaya, NAD, dengan kedalaman 65 km. Isu TSUNAMI pun sempat menyeruak namun kabar terkini mengabarkan kalau Gempa di Aceh kemarin tidak berpotensi Tsunami.

Gempa Aceh 6 SR Tidak Berpotensi Tsunami (10 Januari 2013)


Mengingat Tsunami besar yang terjadi 8 Tahun lalum Gempa 6SR kemarin juga sempat membuat banyak warga Aceh sangat panik dan berlarian. Ribuan warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar panik akibat gempa berkekuatan 6,0 skala Richter, Kamis pukul 20.47 WIB.

Foto Gempa Aceh 10 Januari 2013
Beberapa warga Kampung Jawa Lama berlarian keluar rumah menyelamatkan diri setlah mendengar isu tsunami pasca gempa melanda Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Rabu (11/4


Wartawan ANTARA dari Banda Aceh, Kamis malam, melaporkan saat gempa mengguncang, warga keluar dari bangunan dan warga yang berdomisili di pesisir pantai juga berlarian ke tempat yang lebih aman.

Puluhan kepala keluarga dengan menggunakan mobil, sepeda motor, dan becak motor yang berdomisili di pesisir pantai mengungsi ke tempat yang lebih aman, seperti di Jembatan Pante Pirak, Simpang Surabaya, Simpang Dodik, dan Simpang BPKP.

Januar (38) warga Gampong (Desa) Pande Kecamatan Kutaraja yang ditemui di Jembatan Pante Pirak mengaku masih trauma dengan bencana tsunami 26 Desember 2004.

"Saya dahulu digulung gelombang, kalau ada gempa lebih baik menghindar dari pinggir laut," katanya.

Informasi yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan 6,0 skala Richter terjadi pukul 20.47 WIB.

Gempa yang berpusat di 4,52 derajat Lintang Utara dan 95,04 derajat Bujur Timur atau sekitar 77 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya juga dirasakan warga di Kabupaten Aceh Barat dan beberapa daerahnya di pantai barat selatan Aceh.

Referensi : Republika

Semoga Teman-teman kita Di Aceh selalu diberi kesalamatan. AMIN

0 comments:

Poskan Komentar