4.6( 8864)

Nomor Urut PARPOL Pemilu 2014 - Resmi KPU

Hasil Resmi Undian KPU Nomor Urut Parpol 2014 - Hari ini, senin 14 Januari 2013 KPU baru saja  melakukan pengundian nomor urut Parpol Pemilu 2014 yang dilakukan di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (14/1/2013) siang. Seperti yang kita ketahui hanya ada 10 Partai politik yang akan bersaing di pemilihan legislatif (presiden) tahun 2014.

Elit politik peserta parpol yang mewakili mengambil nomor urut pemilu 2014 ialah Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Ada pula Presiden DPP Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa, Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Rio Capela, dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi.




Nomor Urut Parpol Pemilu 2014



Secara Resmi Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, berdasarkan undian yang diambil setiap parpol, KPU kemudian menetapkan dalam Surat Keputusan Nomo r 06/Kpts/KPU/2013 tentang penetapan nomor urut parpol, diputuskan urutan sepuluh partai politik peserta pemilu, yaitu:

Nomor Urut Parpol Pemilu 2014
Inilah Hasil Undian Nomor Urut Parpol Pemilu 2014



  • Nomor urut 1: Partai Nasional Demokrat (Partai Nasdem) 
  • Nomor urut 2: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  • Nomor urut 3: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 
  • Nomor urut 4: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
  • Nomor urut 5: Partai Golongan Karya (Partai Golkar)
  • Nomor urut 6: Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra) 
  • Nomor urut 7: Partai Demokrat
  • Nomor urut 8: Partai Amanat Nasional (PAN)
  • Nomor urut 9: Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  • Nomor urut 10: Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura)


Selain itu, Komite Independen Pemilih (KIP) Aceh juga menetapkan nomor urut partai lokal Aceh. Yang terdiri dari,

11. Partai Damai Aceh (PDA)
12. Partai Nasional Aceh (PNA)
13. Partai Aceh (PA)

Cara Penentuan Nomor Urut Parpol 2014 (Undian)



Teknik penentuan nomor urut Parpol 2014 itu dilakukan dengan cara mengundi, setiap perwakilan partai diberi kesempatan untuk mengambil nomor undian. Berdasarkan nomor undian itu, masing-masing parpol diurutkan gilirannya mengambil kertas nomor urut partai. 

Pengambilan secarik kertas yang disimpan dalam kotak kaca itu, dilakukan langsung oleh Ketua Umum dan Sekjen setiap parpol. Dengan ditetapkannya nomor urut tersebut, parpol secara resmi diperbolehkan menyosialisasikannya kepada masyarakat melalui kampanye di ruang tertutup dan pemasangan atribut partai.  Semoga Pemilu 2014 bisa berjalan damai dan membuat Indonesia bisa lebih baik lagi.

2 comments: