4.6( 8864)

Chatinone dan Daun Khat Bahaya Efek Samping | Harga

Chatinone dan Daun Khat Teh Arab - Info bahaya efek samping dan harganya. Nama dari "Chatinone" di Indonesia memang baru mencuat setelah kasus dugaan pesta narkoba di rumah raffi ahmad 27 januari 2013. Dua orang di antaranya terindikasi mengonsumsi derivat dari cathinone, yakni 3,4-methylenedioxy-N-methylcathinone. Zat sintetis itu juga dikenal sebagai methylone.

Chatinone
Zat Chatinone


Apapun jenisnya setiap narkotika pastilah sangat berbahasa dan jangan sampai pernah dicoba. Sebenarnya apa seh CHATINONE itu dan apa saja efek sampingnya dari zat dengan harga mahal ini. Berikut kami hadirkan informasi lengkapnya.

Chatinone Adalah

Narkotika jenis baru bernama Chatinone adalah zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan catha edulis yang biasa disebut khat. Tumbuhan ini banyak ditermukan di Azebeijan. Secara susunan kimiawi, chatinone memiliki emiripan dengan ephedrine, cathine dan berbagai zat amphetamines lainnya.

Daun Khat Teh Arab Chatinone
Foto Daun Khat Teh Arab, diduga bahan Chatinone
Di Daerah Puncak Jawa Barat banyak terdapa teh arab 'KHAT',teh ini diduga mengandung zat psikotropika jenis Cathinone. 

Cathinone sebenarnya bukan barang baru dan jauh lebih awal diketemukan oleh ahli di Eropa. "Karena lebih bahaya daripada golongan cathinone lebih besar, orang beralih dan keluar zat baru amfetamin derivat," katanya.

Ciri-Ciri Pengguna Chatinone

Gejala yang ditimbulkan bagi orang pengguna obat-obatan yang mengandung Cathinone yang sudah diolah secara sintetik adalah:

  • Euforia
  • Gelisah / Panik
  • Jadi Pemarah
  • Insomnia
  • Sensitif terhadap stimuli
  • Energi yang meluap-luap
  • Berbicara terlalu aktif
  • Dorongan sex yang sangat tinggi
  • Hilangnya nafsu makan
  • Gangguan Kepribadian
  • Agresi yang ekstrim
  • Perilaku psikotik
  • Kekuatan fisik yang "superhuman" 
Mungkin dari sebagian efek samping diatas orang jadi tertarik mencoba Chatinone tanpa menyadari bahaya yang ditimbulkannya, termasuk artis Raffi Ahmad dkk.



Bahaya Mengkonsumsi Chatinone Bagi Kesehatan

Sebenarnya Bahaya penggunaan cathinone lebih kejam daripada sabu maupun ekstasi sehingga perlu diwaspadai peredarannya. Pemakai Chatinone akan mengalami psikoaktif. "Siapapun yang menggunakan tanpa takaran jelas menyebabkan overdosis menyebabkan kejang, keram dam berakhir dengan kematian.

Selain itu, mampu merangsang jantung berdebar-debar lebih cepat, serta membuat tensi tinggi. "Bisa terjadi kelainan jantung, ginjal, pembuluh darah pecah, hingga bisa stroke dan kematian.


Alasan orang menggunaka chatinone karena zat ini diketahui dapat menimbulkan beberapa efek samping, misalnya euforia dan kesegaran dan sangat berbahasa bagi manusia. Karena efeknya itulah, dalam konsensus psikotropika Internasional tahun 1971, dinyatakan sebagai zat terlarang. Bahkan sejak tahun 1993, badan pemberantasan penyelundupan Narkoba di negara federal Amerika Serikat menyatakan Chatinone sebagai salah satu zat terlarang dan keberadaannya memerlukan pengaturan khusus.

Harga Chatinone

Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (Badan POM) menyebutkan khusus untuk yang ditemukan dalam kasus penggerebekan dikediaman artis Raffi Ahmad harga chatinone lebih murah dari narkoba jenis heroin.

"Harganya tidak mahal. Harga persisnya saya tidak tahu. Bahannya tidak mahal, lebih mahal heroin," kata Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapeutik dan Napza dari Badan POM, Retno Tyas, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR di gedung DPR Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Sedangkan harga daun Khat 'teh arab' yang diduga menjadi bahan pembuatan Chatinone harganya cukup mahal satu kantong kresek daun Khat saja, harga jualnya antara Rp 300 ribu - 500 ribu.

Hukum dan Undang Undang Chatinone di Indonesia 

Memang negara-negara di Eropa maupun Amerika dan Indonesia belum sepenuhnya melarang peredaran Chatinone ini. Namun di Amerika untuk mengkonsumsi Chatinone ini harus menggunakan izin dokter. Sebagian negara bahkan sudah melarangnya dengan keras.

Diantara negara yang sudah melarang peredaran Chatinone secara bebas adalah AS, Kanada, Australia, Polandia, Norwegia, Belanda, Jerman, Irlandia dan Prancis. Sementara beberapa negara di Afrika membebaskan peredaran Cathinone ini seperti Ethiopia, Somalia dan Kenya.

Nah, sudah tahukan apa itu efek samping dan Bahaya dari Chatinone. Jauhilah narkoba karena selain bahaya bagi kesehatan juga sangat rawan ditangkap polisi / BNN lalu dipenjara.

Jauhi Narkoba Jangan Pernah dicoba

0 comments:

Posting Komentar