4.6( 8864)

Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan (Insomnia) Lengkap

Penyakit Akibat Kurang Tidur Dampak Negatif - Sebagian dari anda mungkin ada yang mengalami Insomnia atau kurang tidur dan tidurnya diganti pada pagi atau siang hari. Seharusnya lamanya Jam ideal untuk tidur ialah 7-8 jam perhari. Tahukah anda apa saja dampak buruk atau efek samping akibat kurang tidur bagi kesehatan anda. Jangan anggap sepele kebiasaan buruk ini karena bisa saja berbagai penyakit menanti anda seperti beberapa penyakit dibawah ini yang disebabkan oleh kurang tidur.

Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Akibat Kurang Tidur
Akibat Kurang Tidur

Efek Samping Akibat kurang tidur besok paginya yang bisa langsung dilihat ialah terdapatnya lingkaran hitam pada mata (mata panda), merasa grogi, Stess, suara serak, dan mudah marah. Gejala-gejala ini pada umumnya masih dianggap wajar dan tidak dihiraukan namun dibalik itu kurangtidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan Anda dan berkemungkinan menderita bebeberapa penyakit.

Kurang Tidur Menyebabkan :


Penyakit Jantung
Salah satu studi yang dilakukan pada tahun 2010 yang lalu dan dipublikasikan melalui jurnal Sleep menemukan fakta bahwa partisipan yang tidur kurang dari tujuh jam semalam memiliki peningkatan risiko penyakit jantung.

Kurang Tidur Menyebabkan Diabetes
Dari salah satu studi dalam jurnal Diabetes tahun 2011 yang dilakukan oleh Universitas Chicago dan Universitas Northwestern menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang kurang tidur di malam hari mengalami peningkatan kadar glukosa sembilan persen lebih tinggi. Bahkan, tingkat insulin meningkat menjadi 30 persen lebih tinggi, dan tingkat resistensi insulin 43 persen lebih tinggi.

Kanker payudara
Peneliti di Pascasarjana Sekolah Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang telah mempelajari hampir 24.000 wanita berusia 40-79 tahun. Dari peneliti tersebut menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari enam jam semalam memiliki risiko terserang kanker payudara 62 persen lebih tinggi, sementara yang tidur kurang dari sembilan jam semalam memiliki risiko 28 persen lebih rendah.

Resiko Bunuh Diri
Sementara pria yang memiliki gangguan tidur lebih dari tiga kali dalam semalam memiliki risiko bunuh diri lima kali lipat daripada pria yang tidurnya tidak terganggu.

Kematian Akibat Kurang Tidur
Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun pada sekitar 16.000 orang oleh peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan antara kurang tidur dan risiko kematian. Ternyata para pria yang dilaporkan memiliki kebiasaan tidur yang buruk, terutama yang berusia di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lipat daripada pria yang tidurnya baik.

Semoga info mengenai berbagai kumpulan akibat kurang tidur diatas bisa bermanfaat bagi anda semua. Hendaklah yang masih memiliki kebiasaan tidurnya sedikit bisa segera mengubah pola tidurnya demi kesehatan kita semua.

1 comments:

  1. nahhh kana am saurang......mudahan kada apa2, soalnya bila mangantuk kubawa guring dah.....

    BalasHapus