4.6( 8864)

Remaja Berumur 16 Tahun Bicara Dalam 20 Bahasa

Terlambat.info - Menguasai berbagai macam bahasa bukanlah hal yang mudah, anda memerlukan ketekunan dan kesabaran untuk menguasai bahasa yang anda inginkan, pada umumnya manusia modern selain menguasai bahasa nasional dinegaranya mereka juga dituntut untuk menguasai bahasa inggris.

 Menguasai salah satu bahasa asing seperti inggris terkadang kita memerlukan waktu yang cukup lama, agar menguasainya dengan fasih, tapi bagaimana jika ada orang yang mampu menguasai 20 bahasa dalam usia muda? Ya tentu hal ini membuat kita kagum dengannya, sebut saja dia adalah Timothy Doner remaja yang baru berumur sekitar 16 tahun yang berasal dari Amerika Serikat ini mampu bicara dalam 20 bahasa secara medley.

Pada video yang diunggah di youtube sekitar 8 bulan yang lalu dia menceritakan kegiatan yang dilakukannya sehari-hari ke dalam berbagai bahasa termasuk Indonesia, menarik bukan? Coba kita simak dulu video dari Timothy Doner dibawah ini



Jika kita simak video diatas berikut ini adalah bahasa yang digunakan Timothy Doner untuk bercerita: English, French, Hausa, Wolof, Russian, German, Yiddish, Hebrew, Arabic, Pashto, Farsi, Chinese, Italian, Turkish, Indonesian, Dutch, Xhosa, Swahili, Hindi, Ojibwe. Memang Timothy sendiri mengakui bahwa dari ke-20 bahasa tersebut dia menguasainya dalam level yang berbeda, ada yang sudah mahir seperti bahasa Prancis ada juga yang masih perlu banyak belajar.

"Saya dalam tingkatan yang berbeda dalam setiap bahasanya," ujarnya.

Walau pengucapannya masih terbata-bata dan lebih mirip dengan logat bahasa melayu, Timothy dia berbicara soal pengalamannya ketika makan Nasi Lemak. Dan dia berniat untuk belajar bahasa Sunda.

"Aku sedikit tentang sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia di musim panas. Tapi aku sekarang mau mempelajari Bahasa Sunda atau Bahasa Melayu karena itu bahasa sangat mirip,".

"Oh tadi malam aku pergi ke restoran Malaysia dan aku makan nasi lemak. Nasi lemak yang adalah nasi dengan kelapa dan pandan. Aku tak tahu kalau orang-orang Indonesia makan masakan ini tapi itu sangat enak,"
Ujar Timothy.


Sebenarnya masih banyak orang-orang seperti Timothy Doner yang berbicara kedalam belasan bahasa atau sering disebut dengan polyglot, namun umur mereka jauh lebih tua dari Timothy jadi mungkin kurang menarik untuk diperbincangkan seperti halnya Timothy Doner.

0 comments:

Posting Komentar