4.6( 8864)

Facebook Membeli WhatsApp Dengan Harga $19 Milyar

Terlambat.info - Dalam bermain untuk mendominasi platform messaging pada ponsel dan Web, Facebook telah mengakuisisi WhatsApp sebesar $19 milyar atau sekitar 224 triliun dengan kurs Rupiah 11.800/$. Facebook mengumumkan pada Rabu sore waktu setempat telah mencapai kesepakatan untuk membeli mobile messaging startup yang populer yaituWhatsApp untuk jumlah dimuka sebesar $16 milyar, termasuk $4 milyar pada jumlah kas dan sekitar $12 milyar dalam saham Facebook.

Pendiri dan CEO Jan Koum akan bergabung dengan dewan Direksi Facebook, tetapi WhatsApp akan terus beroperasi secara independen dalam Facebook, seperti halnya Instagram. Harga beli naik sebanyak $19 setelah faktor tambahan $3 milyar unit saham terbatas yang akan diberikan kepada pendiri WhatsApp dan aset karyawan selama empat tahun ke depan.



Harga pembelian begitu tinggi untuk sebuah startup dengan hanya 55 karyawan, dan banyak kelipatan dari Facebook melaporkan $3 milyar tawaran untuk Snapchat tahun lalu. Bernilai $19 milyar berarti Facebook percaya WhatsApp bernilai lebih dari $42 per user. Perusahaan-perusahaan besar yang memiliki caps pasar di bawah $19 milyar meliputi: United Continental, American Airlines, Ralph Lauren, Marriot International, Campbell Soup, Coach, dan Tyson Foods. 

Namun, di antara startups internet Silicon Valley, itu dicatat bahwa WhatsApp sebenarnya menguntungkan - tapi tidak melalui jalan monetisasi normal. WhatsApp tidak menampilkan iklan dan tidak seperti layanan pesan besar lainnya belum dibangun sebuah platform di mana pengguna dapat bermain game atau membeli barang digital. Sebaliknya, dia menetapkan berlangganan tahunan $1 setelah satu tahun gratis.

Akuisisi ini juga menegaskan Koum dan sesama rekannya dari pendiri WhatsApp Brian Acton ke dalam jajaran miliarder. FORBES memperkirakan bahwa Koum memegang sekitar 45% saham di perusahaan, sementara saham Acton adalah lebih dari 20%.

Dalam hal gagalnya penggabungan untuk mendapatkan persetujuan peraturan, Facebook telah setuju untuk membayar biaya perpisahan ke WhatsApp sebesar $1 milyar dalam bentuk tunai dan masalah untuk saham WhatsApp dari Facebook Kelas A saham biasa sama dengan yang lain $1 milyar.

"WhatsApp adalah sebuah jalan untuk menghubungkan 1 milyar orang. Layanan yang mencapai kejayaan itu semua sangat berharga, "kata CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan. "Aku sudah tahu Jan dalam waktu yang lama dan saya gembira untuk bermitra dengan dia dan timnya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung." Dalam panggilan investor, Zuckerberg mencatat bahwa pertumbuhan pengguna WhatsApp dalam lima tahun pertama jauh melebihi harga dialami oleh Facebook, Twitter atau perusahaan media sosial terkenal lainnya.

"Keterlibatan pengguna WhatsApp sangat tinggi dan pertumbuhan yang cepat didorong oleh hal sederhana, kuat dan seketika kemampuan messaging yang kami sediakan. Kami sangat gembira dan merasa terhormat untuk bermitra dengan Mark dan Facebook karena kami terus membawa produk kami ke lebih banyak orang di seluruh dunia, " kata Koum.

WhatsApp memiliki lebih dari 450 juta pengguna bulanan, 70% di antaranya adalah aktif pada hari tertentu. Mereka akan bertambah lebih dari 1 juta pengguna terdaftar baru setiap hari. Sebagai bagian dari kesepakatan, kantor pusat akan tetap di Mountain View, CA dan tim WhatsApp tidak akan bercampur dengan mereka yang bekerja di Facebook sudah ada aplikasi Messenger.

0 comments:

Poskan Komentar