4.6( 8864)

MOTOR Rossi Dirombak Drastis Jelang MotoGP 2016

Kompetisi MotoGP 2016 di Austria terbilang masih lama digelar. Balapan motor bergengsi ini, baru akan dimulai pada Agustus 2016. Namun berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Dorna sebagai operator MotoGP, termasuk setiap tim yang akan berlaga. Salah satu yang tampil beda adalah Yamaha, yang akan memodifikasi tunggangan pembalap andalannya, Valentino Rossi.


Motor YZR-M1 terasa lebih seimbang dengan tangki di belakang

Yamaha melakukan inovasi terhadap kendaraan pacunya, demi bisa mengangkat tropi ajang ini. Motor YZR-M1 yang merupakan tunggangan andalan Rossi dan juga Jorge Lorenzo, akan diubah secara drastis. Perubahan tersebut, mengarah pada tangki bahan bakarnya. Tangki ini nantinya akan ditempatkan di bagian belakang kendaraan.

Perombakan ini diterapkan, karena promotor MotoGP melakukan perubahan terhadap produk ban yang digunakan pada kompetisi ini. Sebelumnya semua tim memakai ban produksi Bridgestone. Tapi di tahun depan, Michelin adalah ban yang akan digunakan. Sayangnya, kedua ban tersebut memiliki karakter yang berlainan. Cengkaraman ban Bridgestone bagian depan sangat bagus. Sedangkan Michelin justru sebaliknya, karena cengkeraman ban belakang yang lebih bagus, daripada ban depannya. Perubahan posisi tangki bahan bakar adalah solusi agar beban motor terdistribusi lebih merata. Sehingga performa pembalap, menjadi lebih optimal. Uji coba sudah dilakukan di Aragon, agar adaptasi bisa dirasakan.

Perombakan motor belum final, masih dalam tahap ujicoba

Perubahan letak tangki itu diterapkan, karena Dorna juga merilis kebijakan baru. Berkaitan dengan bahan bakar maksimal yang dapat digunakan oleh pembalap. Batasannya dinaikkan, dari sebelumnya 20 liter, kini menjadi 22 liter. Konpensasi ini efek dari penerapan ECU (Electronik Control Unit) standar, yang harus dipatuhi seluruh tim. Karena itu, Yamaha juga membuat tangki yang lebih lega, agar bisa menampung penambahan bahan bakar tersebut. Rancangan terbaru Yamaha, memang terlahir dari kebijakan baru yang akan diterapkan. Kelebihan dua liter bahan bakar, bisa ditempatkan di mana saja. Namun, Yamaha tidak ingin menambahkannya di bagian depan.

Dikarenakan terdapat kotak udara atau airbox, sebagai ruang penyuplai udara. Kalau kotak udara itu didesain lebih kecil, akan sangat memunculkan permasalahan baru. Sekaligus mengurangi performa dari kendaraan. Sehingga bagian buritan lebih dipilih, karena dianggap sebagai lokasi yang paling tepat.

Memang rancangan tersebut bukan hasil final, karena masih terus diuji coba. Tapi, Yamaha sebenarnya telah menerapkan model tangki baru itu, dalam seri MotoGP Jepang di bulan Oktober silam. Katsuyuki Nakasuga, seorang pembalap wildcard sudah menggunakan desain motor terbaru tersebut.

Desain tangki yang diusung Yamaha terbilang tidak lazim. Sedangkan tim lain, menyematkan tangki di depan pengendara atau bahkan di bawah jok. Rancangan tersebut dikenal dengan istilah leher angsa. Kalau memang ujicoba Yamaha dianggap sukses, maka desain baru itu kemungkinan akan diterapkan pada ajang MotoGP 2016 mendatang.

Saat ini MotoGP merupakan olahraga paling favorit ke-2 di Indonesia setelah sepakbola, apalagi legenda seperti yang memiliki fans sangat banyak dari Indonesia, mungkin mencapai jutaan fans. Tidak sedikit para fans ataupun penggemar MotoGP pada setiap ajang mengambil moment keuntungan dengan judi online.

1 comments:

  1. Lawas kada kemari nah..hahha..apa kabarnya nih jerr?
    Aku lawas banar kada meupdate blog..ini lagi maunting keyword nah mudahan masuk di Mbah Gugel..keywordnya "TRIK SEO 2016".

    BalasHapus